Pengantin Sahur, Tradisi Bangunkan Sahur

Senin, 15 Juni 2015 - 17:50 WIB
Pengantin Sahur, Tradisi Bangunkan Sahur
Pengantin Sahur, Tradisi Bangunkan Sahur
A A A
RIAU - Tradisi membangunkan warga untuk sahur saat Ramadan merupakan hal yang biasa di lakukan banyak daerah di Indonesia. Di Riau contohnya, terdapat sebuah tradisi membangunkan sahur yang bernama pengantin sahur.

Dikutip dari Indonesia Travel, pengantin sahur merupakan acara untuk mengarak pengantin layaknya pengantin sesungguhnya. Namun acara ini yang menjadi pengantinnya pria. Satu dari mereka akan dirias bak pengantin perempuan.

Pria tersebut dihias dan dipakaikan baju pengantin sesungguhnya. Selanjutnya, pengantin yang terdiri dari tiga pasang ini akan diarak menggunakan gerobak keliling kampung atau kuda. Menariknya, arakan ini akan menyanyikan lagu Islami dengan pengeras suara, musik dan penerangan.

Arak-arakan pengantin sahur akan membangunkan warga dari pukul 01.30 WIB hingga pukul 03.00 WIB atau hingga sahur tiba. Warga yang terbangun karena keramaian ini selanjutnya turut berkeliling meramaikan arak-arakan ini.

Pengantin sahur, sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu. Bahkan acara ini digelar hampir setiap malam selama Ramadan. Namun kini hanya dilakukan pada Minggu malam.

Sementar, untuk mempertahankan tradisi tersebut, digelar lomba arak-arakan pengantin sahur. Dimana penilaian ditentukan berdasarkan jumlah peserta, jumlah rombongan, dan keunikan dari atraksi yang ditampilkan.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)