Sejuta Kemeriahan Ramadan di Kampung Qur'an

Sabtu, 03 Juni 2017 - 03:06 WIB
Sejuta Kemeriahan Ramadan di Kampung Quran
Sejuta Kemeriahan Ramadan di Kampung Qur'an
A A A
Alhamdulillah. Allah masih memberikan kita kesempatan dan kesehatan bertemu dengan Ramadan 1438 H. PPPA Daarul Qur’an berupaya hadir di tengah-tengah para generasi penghafal Alquran melalui program ''Ramadan Bersama 5.500 Santri Kampung Qur’an''. Salah satunya di Kampung Qur’an Rukem, Purworejo, Jawa Tengah.

Ramadan begitu meriah di Kampung Qur’an yang letaknya berada di kawasan perbukitan ini. Mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua tidak lupa menyambut kesempatan Ramadan tahun ini dengan penuh sukacita.

Di malam pertama Ramadan, para remaja sibuk menyalakan puluhan obor yang terpasang dari ujung jalan, tepatnya dekat jembatan di Kampung Rukem ke titik pusatnya di Mushola Miftahul Hudaa. Obor jadi penerang di jalan-jalan setapak Kampung qur’an Rukem yang kanan kirinya lebih banyak dipenuhi semak belukar.

Tak ketinggalan, malam hari ba’da salat Tarawih berjamaah, ibu-ibu dan bapak-bapak para jamaah tadarus membaca Qur’an secara bersama-sama hingga sampai semua dapat giliran. Tak terasa kurang dari dua jam bacaan Qur’an tersebut tuntas sampai dua juz.

Sungguh sangat luar biasa antusias santri dan warga Kampung Qur’an Rukem menyambur Ramadan. Padahal ibu-ibu dan bapak bapak di kampung ini boleh dikatakan masih terbata-bata membaca ayat suci Alqur’an. Namun semangat mereka membaca Alqur’an mengantarkan pada rasa hikmat yang begitu dalam.

Di tengah heningnya malam dengan suara khas perkampungan. Semangat ibu-ibu dan bapak-bapak melantunkan bacaan Qur’an memberikan ciri khas tersendiri. Malam-malam selanjutnya kegitan tadarus Alqur’an senantiasa ramai. Hujan bun tak menghalangi seluruh warga berduyun-duyun ke mushola untuk salat Tarawih dan mendaras Qur’an bersama.

Sementara itu, kegiatan anak-anak setiap hari tetap belajar mengaji dan menghafal Qur’an. Kegiatan di TPA sangat bervariasi. Ramadan ini selain membaca Alqur’an, ada pula kegiatan buka puasa bersama santri, literasi di Kampung Qur’an Rukem, warna-warni Ramadan, cinta Qur’an dan gathering Qur’an.

Beberapa kegiatan sudah terlaksana namun ada pula yang tengah berjalan untuk dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan variasi program Kampung Qur’an Rukem selama Ramadan 1438 H.Alhamdulillah, nikmat Ramadan tahun ini juga benar-benar menjadi berkah bagi warga.

Sebab 2016 lalu bencana longsor menimpa kampung ini. Sebanyak empat warga meninggal dunia dan beberapa rumah rusak berat. Setelah hampir setahun dengan program pendampingan PPPA Daarul Qur’an warga kembali bangkit.

Kini fasilitas publik untuk masyarakat sudah terbangun, seperti adanya fasilitas MCK, tandon air warga, tenda terop untuk warga, taman bacaan Hasanah sebagai perpustakaan mini dengan koleksi ratusan buku yang beragam.

Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah, harapan warga Rukem adalah melihat anak-anak mereka menjadi penghafal Qur’an. Kini sebagian besar anak-anak sudah bisa membaca Alquran dan punya motivasi besar untuk mengafalkannya.InsyaAllah, anak-anak Rukem akan jadi generasi yang senantiasa cinta Qur’an.Aamiin.

Sumber: www.pppa.or.id


(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3008 seconds (0.1#10.140)