Ustaz Khalid Basalamah: Dua Kebahagiaan Bagi Orang Berpuasa

Rabu, 30 Mei 2018 - 17:15 WIB
Ustaz Khalid Basalamah: Dua Kebahagiaan Bagi Orang Berpuasa
Ustaz Khalid Basalamah: Dua Kebahagiaan Bagi Orang Berpuasa
A A A
Beruntunglah orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan maupun di hari-hari sunnah. Betapa tidak, Allah memberikan dua kebahagiaan (kesenangan) yang tidak didapat dari ibadah atau amalan lain kecuali bagi yang berpuasa. Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramah singkatnya di Youtobe yang diunggah Channel IndoMuslim pada 26 May 2017 menerangkan rahasia dahsyatnya pahala puasa. Ustaz Khalid menjelaskan bahwa puasa adalah ibadah yang paling besar pahalanya dan tidak ada ibadah lain yang bisa mengalahkan pahalanya.

Hadis Nabi yang diriwayatkan Al-Bukhari Muslim menyebutkan: “Seluruh amal ibadah Bani Adam (manusia) adalah miliknya (maksudnya kadar pahalanya sudah ditentukan). Dan setiap kebaikan itu akan dibalas 10 kali lipat hingga 700 kali lipat (tergantung kadar keikhlasannya).”

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya (Allah). Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ustaz Khalid mengungkapkan, kegembiraan saat berbuka ada dua pendapat ulama. "Pertama kita tahu kalau kita puasa kita haus dan dapat segelas air dingin luar biasa nikmatnya. Pendapat kedua, kegembiraan saat berbuka karena kita telah berhasil mengalahkan syetan hingga masuk magrib. Kegembiraan lain adalah ketika bisa memberikan makanan kepada orang yang berbuka," jelasnya.

“Kegembiraan dan nikmat terbesar di surga adalah bisa melihat wajah sang pencipta, Allah.” tutupnya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2591 seconds (0.1#10.140)