Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah

Jum'at, 08 Juni 2018 - 16:40 WIB
Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah
Bacaan Niat dan Doa Zakat Fitrah
A A A
Zakat fitrah adalah kewajiban setiap muslim sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 110: “Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Rasulullah SAW juga bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya menunaikan zakat hartanya”. (HR At-Tabrani).

Sebelum menunaikan Zakat Fitrah sebaiknya kita harus mengetahui ilmu fiqihnya baik syarat, waktunya, jenisnya, bacaan niat maupun doanya. (Baca Juga: Zakat Fitrah Pakai Apa? Ini Penjelasan Lengkap Habib Ahmad)

Seperti diketahui, sesungguhnya setiap amalan itu tergantung pada niatnya. Maka ibadah akan menjadi sia-sia apabila tidak diawali dengan niat. (Baca Juga: Bolehkah Mengeluarkan Zakat Sebelum Waktunya?)

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya, amal itu hanya dinilai berdasarkan niatnya, dan sesungguhnya pahala yang diperoleh seseorang sesuai dengan niatnya. Barang siapa yang niat hijrahnya menuju Allah dan Rasul-Nya maka dia akan mendapat pahala hijrah menuju Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya dengan niat mendapatkan dunia atau wanita yang ingin dinikahi maka dia hanya mendapatkan apa yang dia inginkan.” (HR Al-Bukhari, Muslim)

Berikut Niat Menunaikan Zakat Fitrah

1. Bacaan Niat untuk Diri Sendiri dan Keluarga:
Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa 'an jami'i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a'an far dzolillahi ta'ala. Artinya: Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari'at, fardhu karena Allah ta'ala.

2. Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri:
Nawaitu an ahroja zakat fitri annafsi fardholillahi ta'ala. Artinya: Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas diri sendiri saya sendiri, fardhu karna Allah Ta'ala.

3. Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Istri:
Nawaitu an-uhrizakat fitri an zaw jati fardzolillahita 'ala. Artinya: Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya, fardhu karena Allah Ta'ala.

4. Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki:
Nawaitu an uhrija zakat fitri (.....) fardzolillahi ta'ala. Artinya: Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta'ala.

5. Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan:
Nawaitu an uhrija zakat fitri ambinti (.......) fardzolillahita'ala. Artinya: Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah ta'ala.

Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah

1. Bacaan Doa Membayar Zakat Fitrah:
Allahumma j'alhaa maghnaman, walaa taj'alhaa maghraman. Artinya: Ya Allah jadikanlah ia sebagai simpanan yang menguntungkan dan jangan jadikanlah ia pemberian yang merugikan.

2. Bacaan Doa Penerima Zakat Fitrah:
Aajarak-llahuma fiima a'thaita, wa baraaka laka fiimaa abqaita, waj'alhu laka thahuuraa. Artinya: Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah kau berikan, menjadikannya penyuci (jiwa dan harta) untukmu, dan melimpahkan berkah terhadap harta yang tersisa.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3829 seconds (0.1#10.140)