Inilah Keutamaan Salat Berjamaah

Selasa, 07 Mei 2019 - 20:01 WIB
Inilah Keutamaan Salat Berjamaah
Inilah Keutamaan Salat Berjamaah
A A A
Ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan fadhillah keutamaan salat berjamaah. Ada 13 keutamaan dijelaskannya dalam bukunya berjudul “77 Tanya-Jawab Seputar Shalat” yang dipersembahkan oleh Tafaqquh Study Club.

Pertanyaan:
Apa saja keutamaan salat berjamaah itu?

Jawaban:
Banyak keutamaan shalat berjamaah menurut Sunnah Rasulullah SAW, berikut ini beberapa keutamaan tersebut:

1. Lipat ganda amal.

Sebagaimana yang dinyatakan dalam hadis: “Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: “Salat berjamaah lebih baik daripada shalat sendirian sebanyak dua puluh tujuh tingkatan”. (HR. Muslim).

2. Allah SWT menjaga orang yang melaksanakan shalat berjamaah dari setan.
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya setan itu bagi manusia seperti srigala bagi kambing, srigala menangkap kambing yang memisahkan diri dari gerombolannya dan kambing yang menyendiri. Maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah, bersama orang banyak dan senantiasa memakmurkan masjid”. (HR. Ahmad bin Hanbal).

Dalam hadis riwayat Abu ad-Darda’ disebutkan: “Ada tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, tidak dilaksanakan shalat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka. Maka laksanakan shalat berjamaah, karena sesungguhnya srigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah”. (HR. Abu Daud).

3. Keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang salat.

Berdasarkan hadits dari Ubai bin Ka’ab. Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya salat seseorang dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian. Shalat seseorang bersama dua orang lebih utama daripada shalatnya bersama satu orang. Jika lebih banyak, maka lebih dicintai Allah Swt”. (HR. Abu Daud).

4. Dijauhkan dari azab neraka dan dijauhkan dari sifat munafik.Bagi orang yang melaksanakan salat selama 40 hari secara berjamaah tanpa ketinggalan takbiratul ihram bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan sifat munafik. Berdasarkan hadits Anas bin Malik. Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang melaksanakan shalat karena Allah Swt selama empat puluh hari berjamaah, ia mendapatkan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara; dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan”. (HR. At-Tirmidzi).
Dalam hadis ini terdapat keutamaan ikhlas dalam shalat, karena Rasulullah Saw mengatakan: “Siapa yang melaksanakan shalat karena Allah Swt”. Artinya tulus ikhlas hanya karena Allah Swt semata. Makna dijauhkan dari kemunafikan dan azab neraka adalah: dilepaskan dan diselamatkan dari kedua perkara tersebut.

Dijauhkan dari kemunafikan, artinya: selama di dunia ia diberi jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberi taufiq oleh Allah Swt untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah Swt. Maka di akhirat kelak ia diberi jaminan dari azab yang menimpa orang munafik. Rasulullah Saw memberi kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena sifat orang munafik merasa berat ketika akan melaksanakan shalat.

5. Siapa yang melaksanakan shalat Shubuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah Swt hingga petang hari.

Berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah. Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang melaksanakan shalat Shubuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah Swt”. (HR. Muslim).

6. Mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah.

Berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik. Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang melaksanakan shalat Shubuh berjamaah, kemudian ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat. Maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah Saw mengatakan, “Sempurna, sempurna, sempurna”. (HR. At-Tirmidzi).

7. Balasan salat Isya’ dan salat Shubuh berjamaah.

Berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan. Rasulullah Saw bersabda: “Siapa yang melaksanakan shalat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan Qiyamullail setengah malam. Siapa yang melaksanakan salat Shubuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan Qiyamullail sepanjang malam”. (HR. Muslim).

8. Malaikat berkumpul pada shalat Shubuh dan salat Ashar.

Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian, mereka berkumpul pada shalat Shubuh dan shalat ‘Ashar. Kemudian yang bertugas di waktu malam naik, Allah Swt bertanya kepada mereka, Allah Swt Maha Mengetahui, “Bagaimanakah kamu meninggalkan hamba-hamba- Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan shalat”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

9. Allah SWT mengagumi salat berjamaah karena kecintaan-Nya kepada orang-orang yang melaksanakan salat berjamaah.
“Sesungguhnya Allah Swt mengagumi shalat yang dilaksanakan secara berjamaah”. (HR Ahmad bin Hanbal)
10. Menanti salat berjamaah.

Menurut hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Seorang hamba yang melaksanakan shalat, kemudian ia tetap berada di tempat shalatnya menantikan pelaksanaan shalat, maka malaikat berkata: “Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”. Hingga ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).

11. Keutamaan shaf pertama.
Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah. Rasulullah Saw bersabda: “Andai manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan diundi, pastilah mereka akan melakukan undian”. (HR. Al-Bukhari)

12. Ampunan dan cinta Allah Swt bagi orang yang ucapan “amin”
yang ia ucapkan serentak dengan ucapan “amin” yang diucapkan malaikat. Berdasarkan hadits Abu Hurairah. Rasulullah Saw bersabda: “Apabila imam mengucapkan ‘Amin’, maka ucapkanlah ‘Amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘Amin’ yang diucapkan malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

13. Andai manusia mengetahui apa yang ada dibalik salat berjamaah, pastilah mereka datang walaupun merangkak.
Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: “Andai manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan cara melainkan diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Andai mereka mengetahui apa yang ada di dalam Takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Andai mereka mengetahui apa yang ada dalam shalat Isya’ dan shalat Shubuh pastilah mereka akan datang meskipun merangkak”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)