Ramadhan, Bulan Memperbanyak Silaturahim

Minggu, 26 Mei 2019 - 21:04 WIB
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Silaturahim
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Silaturahim
A A A
Moh Nur Huda
Ketua Umum Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI),
Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Lamongan


Bisa dikatakan dan patut disyukuri, kita termasuk orang yang beruntung hingga detik ini. Atas izin-Nya, kita semua masih bisa menikmati dan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, Ramadhan menjadi bulan melipatgandakan kebaikan, baik secara horizontal maupun vertikal.

Salah satu kebaikan dalam Islam itu adalah silaturrahim. Sebagaimana firman Allah dalam Alqur'an , "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri".

Qur’an surat An-Nisa ayat 36 di atas juga menganjurkan manusia untuk menjalin ikatan silaturahim antarsesama. Bahkan Allah tidak menyukai mereka yang sombong dan membanggakan dirinya sendiri. Jadi, sudah seharusnyalah kita banyak-banyak menggelar silaturahim, sebagai amalan melaksanakan kebaikan.

Dalam bulan Ramadhan, ruang-ruang silaturahim terbuka lebar. Kita dengan beberapa teman sekolah yang lampau, bisa melakukan silaturrahim dengan tradisi-tadisi semacam buka bersama. Melalui salat tarawih, kita diberi kesempatan, tidak hanya menjalankan ibadah sunnah-Nya, tetapi juga bisa bertatap muka dan berjabat tangan dengan para tetangga dan kerabat.

Selain pintu-pintu di atas, bagi masyarakat muslim yang merantau, diberikan ruang untuk pulang ke kampung halaman. Dengan pintu tradisi bernama mudik, silaturrahim dengan sanak keluarga di kampung halaman, menjadi terjalin terlaksana.

Dengan demikian, bulan Ramadhan sangat disayangkan apabila tidak dilalui dengan memperbanyak silaturahim. Sebab selain terjadi satu kali dalam hitungan tahun, dengan silaturahim kita sedang melaksanakan kebaikan, yang juga dilipatgandakan amal kebaikannya.

Nilai-nilai silaturrahim dalam lanskap sejarah kita, juga pernah dilakukan oleh para pendahulu. KH Wahab Chasbullah menggagas halalbihalal yang kemudian diajukan pada Presiden Soekarno. Ikhwal dari gagasan ini, untuk membuka ruang harmonis di tengah situasi saling menyalahkan di antara para elit.

Kendati halalbihalal kerap dilakukan setelah Idul Fitri, subtansi dari tradisi ini adalah ruang silaturrahim itu terjadi antar para elit. Bahkan pengertian dalam silaturahim ini, adalah untuk mempertemukan pihak-pihak yang mempunyai perbedaan. Artinya bahwa, silaturrahim berfungsi untuk memperbaiki suasana yang sebelumnya terdapat perbedaan pendapat dan lain sebagainya.

Saya mengajak kepada diri sendiri, dan kita semua, untuk memanfaatkan momentum bulan Ramadhan sebagai bulan memperbanyak silaturrahim. Sebab sudah dianjurkan oleh Allah, silaturrahim juga mempunyai fungsi mempererat tali persaudaran dan memperbaiki perbedaan-perbedaan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3275 seconds (0.1#10.140)