Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?

Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
A A A
Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?

Berikut penjelasan Cendekiawan Muslim yang juga mantan Menteri Agama Prof Muhammad Quraish Shihab dalam buku populernya berjudul 'M Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui'. (Baca Juga: Hukum Mensalatkan Jenazah Pelaku Maksiat, Ini Kata Quraish Syihab)

Imam Muslim meriwayatkan melalui sahabat Ibnu 'Abbas bahwa Nabi SAW bersabda, "Aku dilarang membaca Alqur'an dalam keadaan rukuk dan sujud. Adapun rukuk, maka agungkanlah Allah, adapun sujud maka perbanyaklah berdoa. (Karena ketika itu) wajar (besar peluang) untuk diperkenankan Allah."

Ini berarti seseorang dapat saja berdoa ketika dia sujud. Di sisi lain, Rifa'at bin Rafi' menceritakan bahwa dia pernah salat berjamaah bersama Rasulullah, lalu dia bersin dan mengucapkan "Alhamdulillah hamdan katsiran thayyiban mubarakan fihi kama yuhibbu wa yardho".

Setelah Nabi SAW selesai salat, beliau bertanya, "Siapa yang berbicara waktu salat?" Tidak seorang pun menjawab, sampai Nabi bertanya tiga kali. Ketika itu barulah Rifa'at bin Rafi' mengaku.

Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, tiga puluh sekian malaikat berpacu untuk mengantarnya (ucapan itu) ke langit."

Hadits ini diriwayatkan oleh An-Nasai dan At-Tirmidzi dan ini dijadikan dasar sementara ulama membolehkan mengucapkan doa atau pujian kepada Allah walaupun tidak diajarkan Rasulullah SAW. Selama doa dan zikir itu tidak bertentangan dengan apa yang Beliau ajarkan.

Dengan demikian, mengucap Alhamdulillah dalam salat setelah bersin tidak membatalkan salat. Apalagi terdapat anjuran untuk mengucapkannya bila bersin (bukan karena flu). Demikian, wallahu A'lam.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2723 seconds (0.1#10.140)