Dalil Membaca Qunut Subuh Menurut Mazhab Syafii (2)

Selasa, 19 November 2019 - 07:30 WIB
Dalil Membaca Qunut Subuh Menurut Mazhab Syafii (2)
Dalil Membaca Qunut Subuh Menurut Mazhab Syafii (2)
A A A
Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) yang juga lulusan S-2 Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta Konsentrasi Ilmu Syariah terkait hukum Qunut dalam salat Subuh dan dalil-dalilnya.

Dalam kitab Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab Al-Imam An-Nawawi mengatakan, Qunut shubuh itu hukumnya sunnah. Dan ini adalah pendapatnya sahabat Abu bakr, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallohu 'anhum. Berikut ini perkataan beliau dalam kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab juz 3 halaman 504 :
في مذاهب العلماء في إثبات القنوت في الصبح: مذهبنا أنه يستحب القنوت فيها سواء نزلت نازلة أو لم تنزل وبها قال أكثر السلف ومن بعدهم أو كثير منهم وممن قال به أبو بكر الصديق وعمر بن الخطاب وعثمان وعلي وابن عباس والبراء بن عازب رضي الله عنهم رواه البيهقي بأسانيد صحيحة وقال به من التابعين فمن بعدهم خلائق وهو مذهب ابن أبي ليلي والحسن ابن صالح ومالك وداود وقال عبد الله بن مسعود وأصحابه وأبو حنيفة وأصحابه وسفيان الثوري وأحمد لا قنوت في الصبح. ( المجموع, ج : 3, ص : 504
Terjemah:
Mazhab para ulama dalam penentuan hukum Qunut Shubuh. Dalam mazhab kami Qunut Shubuh itu disunnahkan. Baik ketika ada nazilah ataupun tidak terjadi nazilah. Dan ini adalah pendapat sahabat Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Ibnu abbas dan Al-Barro’ bin azib rodhiyallohu 'anhum. Hal ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad yang sahih. Para tabiin juga berpendapat demikian. Dan ini juga pendapat Ibnu Abi Laila, Al-Hasan bin Sholih dan Dawud. Sedangkan Abdullah Ibnu Mas'ud, Abu Hanifah, Sufyan Ats-tsauri dan Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa tidak ada Qunut dalam Salat Shubuh.

Selanjutnya Imam An-Nawawi masih dalam Kitab Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab terlebih dahulu menyebutkan dalil-dalil yang digunakan oleh mazhab Hanafi dan Hanbali yang menolak Qunut Shubuh. Sebenarnya mazhab Hanafi dan Hanbali sebagaimana yang disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab bahwa mereka menggunakan dalil dari hadits nabi yang jumlahnya tidak sedikit yaitu sekitar tujuh buah hadis.

Saya sarankan bagi pembaca untuk menghafal terlebih dahulu dalil-dalil madzhab Hanafi dan Hanbali di bawah ini di luar kepala. Karena nanti Al-Imam An-Nawawi akan membantah, menghabisi dan menjawab semua dalil-dalil itu satu persatu di dalam kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab.

Berikut ini dalil-dalilnya mazhab Hanafi dan Hanbali:
واحتج لهم بحديث
Terjemah:
Mereka (Hanafi dan Hanbali) menggunakan hadis yang pertama yaitu:
أنس رضي الله عنه " أن النبي صلى الله تعالي عليه وسلم قنت شهرا بعد الركوع يدعو على أحياء من العرب ثم تركه " رواه البخاري ومسلم
Terjemah:
Dari Anas RA bahwa Nabi Muhammad SAW membaca doa Qunut selama satu bulan setelah bangun dari rukuk untuk mendoakan suatu kaum, kemudian beliau meninggalkannya. (HR. Bukhari Muslim)

Dalil yang Kedua:
وفى صحيحهما عن أبي هريرة رضي الله عنه " أن النبي صلى الله تعالي عليه وسلم قنت بعد الركوع في صلاته شهرا يدعو لفلان وفلان ثم ترك الدعاء لهم
Terjemah:
Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad SAW membaca doa Qunut setelah rukuk selama sebulan untuk mendoakan si fulan dan fulan, kemudian beliau meninggalkan doa tersebut. (HR.Bukhori Muslim)

Dalil yang Ketiga:
وعن سعد بن طارق قال " قلت لأبي يا أبي إنك قد صليت خلف رسول الله صلي الله تعالي عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان وعلي فكانوا يقنتون في الفجر فقال أي بني فحدث " رواه النسائي والترمذي وقال حديث حسن صحيح
Terjemah:
Dari Sa’ad bin Thoriq beliau berkata: aku bertanya kepada ayahku, wahai ayahku, sesungguhnya engkau telah salat bersama Rosululloh SAW, Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali. Apakah mereka membaca doa qunut pada waktu fajar? Kemudian dijawab: wahai anakku itu termasuk perbuatan baru. (HR. Nasai dan Tirmidzi. Beliau mengatakan hadits ini Hasan Sahih)

Dalil yang Keempat:
وعن ابن مسعود رضي الله عنه قال " ما قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في شئ من صلاته
Terjemah:
Dari ibnu Mas'ud RA, beliau berkata: Rasulullah SAW tidak pernah membaca doa qunut dalam salatnya.

Dalil yang Kelima:
وعن أبي مخلد قال صليت مع ابن عمر رضي الله تعالى عنهما الصبح فلم يقنت فقلت له ألا أراك تقنت فقال ما احفظه عن احمد من أصحابنا
Terjemah:
Dari Abu Mukhlid beliau berkata: aku salat Shubuh bersama Ibnu Uumar RA dan beliau tidak membaca doa qunut. Maka aku bertanya kepadanya: mengapa engkau tidak berqunut? Kemudian beliau berkata: saya tidak menghafalnya.

Dalil yang Keenam:
وعن ابن عباس رضي الله عنهما " القنوت في الصبح بدعة
Terjemah:
Dari Ibnu Abbas RA beliau berkata: Qunut dalam salat Shubuh itu bid'ah.

Dalil yang Ketujuh:
وعن أم سلمة " عن النبي صلى الله تعالي عليه وسلم أنه نهى عن القنوت في الصبح " رواه البيهقي
Terjemah:
Dari Ummu Salamah, dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau melarang Qunut dalam salat Shubuh. (HR Al-Baihaqi)

Inilah dalil-dalil yang digunakan madzhab Hanafi dan Hanbali untuk menguatkan pendapat mereka yang mengatakan Qunut Shubuh itu tidak disyariatkan atau bid'ah. Bahkan mereka juga mengatakan bahwa dalil-dalil yang menetapkan Qunut Subuh itu telah dimansukh (dihapus) hukumnya.

Jawaban Al-Imam An-Nawawi Atas 7 Hadis yang Dipakai Madzhab Hanafi dan Hanbali:

وأما الجواب عن حديث أنس وأبي هريرة رضي الله عنهما في قوله ثم تركه فالمراد ترك الدعاء على أولئك الكفار ولعنتهم فقط لا ترك جميع القنوت أو ترك القنوت في غير الصبح وهذا التأويل متعين لأن حديث أنس في قوله " لم يزل يقنت في الصبح حتى فارق الدنيا " صحيح صريح فيجب الجمع بينهما وهذا الذي ذكرناه متعين للجمع وقد روى البيهقي بإسناده عن عبد الرحمن بن مهدي الإمام أنه قال إنما ترك اللعن ويوضح هذا التأويل رواية أبي هريرة السابقة وهي قوله " ثم ترك الدعاء لهم
Terjemah:
Adapun untuk menjawab hadits Anas dan Abu Hurairah RA mengenai lafadz "kemudian beliau meninggalkannya" maka maksudnya adalah meninggalkan doa laknat atas mereka saja. Bukan meninggalkan semua Qunut atau juga maksudnya adalah meninggalkan Qunut tapi Qunut yang ada pada selain Subuh. Karena ini sesuai dengan hadits Anas pada lafadz "Rosululloh SAW senantiasa berqunut shubuh sampai beliau meninggal dunia". Hadits ini sahih dan sangat jelas sekali. Maka wajib untuk menggabungkan antara dua dalil tersebut. Al-Baihaqi juga menyebutkan bahwa maksudnya adalah meninggalkan laknat sebagimana hadits abu hurairah.

Imam As-Syafi'i ketika menjelaskan lafadz hadits "ثم تركه " beliau mengatakan bahwa maknanya adalah meninggalkan doa laknat dan meninggalkan doa Qunut di selain Subuh.

والجواب عن حديث سعد بن طارق أن رواية الذين اثبتوا القنوت معهم زيادة علم وهم أكثر فوجب تقديمهم
Terjemah:
Untuk menjawab hadis Sa'ad bin Thoriq adalah bahwa riwayat yang menetapkan qunut adalah tambahan ilmu. Dan perawinya lebih banyak. Maka wajib mendahulukan riwayat mereka.

Coba perhatikan kalam Imam An-Nawawi di atas. Beliau nampaknya menggunakan kaidah ushul fiqh "Al-Mutsbit muqoddamun 'alaa An-Naafi'. Jadi ketika ada dua dalil yang bertentangan dan sama sama sahih dimana yang satu menetapkan Qunut dan yang satu meniadakan Qunut maka yang dimenangkan adalah hadis yang menetapkan Qunut.

وعن حديث ابن مسعود أنه ضعيف جدا لأنه من رواية محمد بن جابر السحمى وهو شديد الضعف متروك ولأنه نفي وحديث أنس إثبات فقدم لزيادة العلم
Terjemah:
Adapun hadits Ibnu Mas'ud adalah hadis Dhoif dan lemah sekali. Karena riwayat dari Muhammad bin Jabir as-Sahmi. Dia adalah seorang yang dhoif dan matruk. Dan juga hadis ini adalah hadis yang meniadakan Qunut sedangkan hadits Anas adalah hadis yang menetapkan Qunut. Maka hadis Anas diutamakan dan didahulukan liziyadatil ilm.

وحديث ابن عمر أنه لم يحفظه أو نسيه وقد حفظه أنس والبراء بن عازب وغيرهما فقدم من حفظ
Terjemah:
Adapun hadits Ibnu Umar bahwa beliau tidak hafal qunut atau karena beliau lupa maka cukup dengan riwayat bahwa Anas dan Al-Barro' bin Azib telah menghafalnya. Kemudian riwayat ini diutamakan.

وعن حديث ابن عباس أنه ضعيف جدا وقد رواه البيهقي من رواية أبي ليلى الكوفي وقال هذا لا يصح وأبو ليلى متروك وقد روينا عن ابن عباس أنه " قنت في الصبح
Terjemah:
Adapun hadits Ibnu Abbas adalah hadis yang sangat dhoif. Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan beliau mengatakan hadisnya tidak shohih. Kerena hadits Ibnu abbas yang kami riwayatkan adalah beliau berqunut pada salat Shubuh.

وعن حديث أم سلمة أنه ضعيف لأنه من رواية محمد بن يعلى عن عنبسة بن عبد الرحمن عن عبد الله بن نافع عن ابيه عن ام سلمة قال الدارقطني هؤلاء الثلاثة ضعفاء ولا يصح لنافع سماع من أم سلمة والله أعلم
Terjemah:
Adapun hadits Ummu Salamah adalah hadits dhoif karena dari riwayat Muhammad bin Ya’la dari Anbasah bin Abdurrohman dari Abdulloh bin Nafi’ dari ayahnya dari Ummu Salamah. Daruqutni mengatakan mereka semua itu adalah perawi yang dhoif dan tidak sahih bahwa Nafi mendengar dari Ummu Salamah. Wallahu A'lam.

Bersambung ke Bagian 3
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2861 seconds (0.1#10.140)