Amalan Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Selasa, 10 Desember 2019 - 19:52 WIB
Amalan Agar Terhindar dari Siksa Kubur
Amalan Agar Terhindar dari Siksa Kubur
A A A
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam (SAW) telah memberitahu bahwa siksa kubur itu benar. Maka setiap muslim diminta berlindung kepada Allah Ta'ala dari dahsyatnya siksa kubur, dan bersiap menghadapi alam kubur dengan amal saleh.

Apa saja amalan yang bisa meyelamatkan seseorang dari siksa kubur? Berikut penjelasan Syeikh Abu Laits As-Samarqandi dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai).

Syeikh Abu-Laits berkata: "Siapa yang ingin selamat dari siksaan kubur maka harus melaksankan empat dan meninggalkan 4 perkara ini, yaitu:
1. Menjaga salat lima waktu.
2. Banyak bersedekah.
3. Banyak membaca Alqur'an.
4. Memperbanyak zikir (membaca Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar, walahaula wala quwata illa billah).

Kata Syeikh Abu Laits As-Samarqandi, selain mengerjakan amalan itu, seorang muslim juga diminta meninggalkan 4 perkara ini, yaitu:
1. Dusta.
2. Khianat.
3. Adu Domba.
4. Menjaga kencing, sebab Nabi Muhammad pernah bersabda: "Bersih-bersihlah kamu daripada kencing, sebab umumnya siksa kubur itu karena kencing. (Hendaklah dicuci kemaluan sebersih-bersihnya)

Selain itu, ada beberapa amalan lain yang bisa melindungi seseorang dari siksa kubur. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim, Rasululah SAW bersabda: "Jika salah seorang di antara kalian selesai tasyahud akhir (sebelum salam), mintalah perlindungan pada Allah dari empat hal: (1) siksa kubur (2) siksa neraka jahannam, (3) fitnah ketika hidup dan mati, (4) kejelekan Dajjal." (HR. Muslim)

Adapun doa yang diajarkan Rasulullah SAW:
"Allahumma inni a'udzu bika min 'adzabil qobri, wa 'adzabin naar, wa fitnatil mahyaa wal mamaat, wa syarri fitnatil masihid dajjal (Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, penyimpangan ketika hidup dan mati, dan kejelekan Al Masih Ad-Dajjal)." (HR. Muslim)

Kemudian membaca Surah Al-Mulk sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari 'Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Barangsiapa membaca 'Tabarokalladzi bi yadihil mulk" (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur...(HR. An-Nasai)

Demikian amalan yang dapat menjaga seseorang dari siksa kubur. Semoga Allah Ta'ala mewafatkan kita dalam keadaaan husnul khatimah. Aamiin.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3576 seconds (0.1#10.140)