Benarkah Pahala Bacaan Alqur'an Tidak Sampai kepada Mayit? (2)

Jum'at, 13 Desember 2019 - 19:22 WIB
Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (2)
Benarkah Pahala Bacaan Alqur'an Tidak Sampai kepada Mayit? (2)
A A A
Ustaz Muhammad Ajib
Pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI)
Lulusan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta Konsentrasi Ilmu Syariah


Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alqur'an untuk mayit. Sebagian kalangan menolaknya dan menghukuminya sebagai perbuatan bid'ah. Sebagian lainnya menganggapnya sesuatu yang dibolehkan dalam agama.

Berikut Ulama yang Mengatakan Pahala Bacaan Alqur'an Sampai kepada Mayit:

Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah

Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah mengatakan bahwa pahala bacaan Alquran itu sampai kepada mayit. Hal ini beliau jelaskan di dalam kitab Ar-Ruh halaman 122:
هذه النصوص متظاهرة على وصول ثواب الأعمال إلى الميت إذا فعلها الحي عنه وهذا محض للقياس فإن الثواب حق للعامل فإذا وهبه لأخيه المسلم لم يمنع من ذلك كما لم يمنع من هبة ماله في حياته وإبرائه له من بعد موته وقد نبه النبي بوصول ثواب الصوم الذي هو مجرد ترك ونية تقوم بالقلب لا يطلع عليه إلا الله وليس بعمل الجوارح على وصول ثواب القراءة التي هي عمل باللسان تسمعه الأذن وتراه العين بطريق الأولى. ويوضحه أن الصوم نية محضة وكف النفس عن المفطرات وقد أوصل الله ثوابه إلى الميت فكيف بالقراءة التي هي عمل ونية بل لا تفتقر إلى النية فوصول ثواب الصوم إلى الميت فيه تنبيه على وصول سائر الأعمال. والعبادات قسمان مالية وبدنية وقد نبه الشارع بوصول ثواب الصدقة قال على وصول ثواب سائر العبادات المالية ونبه بوصول ثواب الصوم على وصول ثواب سائر العبادات البدنية وأخبر بوصول ثواب الحج المركب من المالية والبدنية فالأنواع الثلاثة ثابتة بالنص والاعتبار. وبالله التوفيق ( كتاب الروح لابن القيم الجوزية, ص : 122

Artinya:
Dalil-dalil ini sangat jelas sekali bahwa amal ibadah itu sampai kepada mayit jika yang melakukan adalah orang yang masih hidup. Jika orang itu menghadiahkan pahalanya buat saudaranya maka pahalanya sampai seperti sampainya pahala puasa sebagaimana yang dijelaskan oleh nabi. Allah telah menyampaikan pahala puasa bagi mayit maka begitu juga dengan pahala bacaan. Ibadah itu dibagi menjadi dua. Yaitu ibadah amaliyah dan ibadah badaniyah. Sungguh Allah telah menjelaskan tetang sampainya pahala ibadah maliyah seperti shodaqoh dan pahala badaniyah seperti puasa dan begitu juga pahala haji yang merupakan ibadah badaniyah sekaligus ibadah maliyah. Dan Hal ini berdasarkan nash nash yang ada.

Syaikh Al-Utsaimin

Syaikh Al-Utsaimin mengatakan bahwa pahala bacaan Alquran itu sampai kepada mayit. Hal ini beliau jelaskan di dalam majmu fatawa dan wa rosail beliau sebagai berikut:
الناس على قولين معروفين: أحدهما: أن ثواب العبادات البدنية من الصلاة والقراءة ونحوهما يصل إلى الميت كما يصل إليه ثواب العبادات المالية بالإجماع وهذا مذهب أبي حنيفة وأحمد وغيرهما وقول طائفة من أصحاب مالك والشافعي وهو الصواب لأدلة كثيرة ذكرناها في غير هذا الوضع. والثاني: أن ثواب العبادة البدنية لا يصل إليه بحال وهو المشهور عند أصحاب الشافعي ومالك. ( مجموع فتاوى ورسائل ابن عثيمين .ج 7 / ص 159

Artinya:
Ada dua pendapat di antara ulama, yang pertama bahwa pahala ibadah badaniyah seperti salat dan bacaan Alqur'an itu sampai kepada mayit sebgaimana sampainya pahala ibadah maliyah. Dan ini adalah mazhab Abu Hanifah, Ahmad bin Hanbal dan sebagian ulama Syafiiyah dan Malikiyah. Dan ini adalah pendapat yang benar berdasarkan dalil-dalil. Pendapat yang kedua mengatakan tidak sampainya ibadah badaniyah. Dan ini pendapat masyhur Imam Syafiiy dan Imam Malik.

Syaikh Nashiruddin Al-Albani
Syaikh Nashiruddin Al-Albani mengatakan bahwa pahala bacaan Alqur'an itu sampai kepada mayit jika yang membacanya adalah seorang anak yang menghadiahkan pahalanya untuk orang tuanya. Adapun bacaan Alqur'an yang dibaca oleh orang lain maka tidak sampai pahalanya. Berikut perkataan beliau dalam salah satu sesi tanya jawab:
قال الشيخ الألباني : إذا كان الذي يقرأ القران هو الولد للموتى سواء كان أبا او اما فهذه القراءة تنفع وأما من سوى الأولاد فلا تنفع قراءتهم

Artinya:
Berkata Syaikh Nashiruddin Al-Albani "Jika yang membaca Alqur'an itu adalah seorang anak untuk bapak dan ibunya maka bacaannya bermanfaat bagi si mayit. Adapun jika orang lain yang membacanya maka tidak bermanfaat bacaan mereka itu bagi si mayit.

Al-Allaamah Ibnu Abi Al-Izz Al-Hanafi

Al-Allaamah Ibnu Abi Al-Izz Al-Hanafi telah menjelaskan di dalam kitab Syarh Al-Aqidah At-Thohawiyah halaman 452 bahwa para ulama salaf berbeda pendapat mengenai hal ini. Beliau menyebutkan bahwa Al-Imam Abu Hanifah dan Al-Imam Ahmad Bin Hanbal berpendapat bahwa pahala bacaan Alqur'an itu sampai kepada mayit. Dan ini adalah pendapat jumhur ulama salaf. Adapun yang Masyhur dari Al-Imam Syafi'i dan Al-Imam Malik adalah tidak sampai bacaan Alqur'an yang dihadiahkan ke mayit.

Al-Imam An-Nawawi
Al-Imam An-Nawawi di dalam kitab Al-Adzkar halaman 278 menjelaskan perbedaan ulama mengenai hal ini. Adapun pendapat beliau sendiri adalah bahwa pahala bacaan Alqur'an itu sampai kepada mayit.
واختلف العلماء في وصول ثواب قراءة القرآن، فالمشهور من مذهب الشافعي وجماعة أنه لا يصل. وذهب أحمد بن حنبل وجماعة من العلماء وجماعة من أصحاب الشافعي إلى أنه يصل، والاختيار أن يقول القارىء بعد فراغه: "اللهم أوصل ثواب ما قرأته إلى فلان، والله أعلم. ( الأذكار, ص : 278

Artinya:
Para ulama berbeda pendapat mengenai sampainya pahala bacaan Alqur'an. Yang masyhur dari Imam Syafii adalah tidak sampai. Adapun Imam Ahmad bin Hanbal dan beberapa ulama Syafiiyah mengatakan sampai pahalanya. Maka pendapat yang terpilih sebaiknya seorang yang membaca Alquran hendaknya membaca doa "Ya Allah sampaikanlah pahala bacaan ini kepada fulan".

Di dalam kitab Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab juga beliau jelaskan sebagai berikut:
والمختار الوصول إذا سأل الله أيصال ثواب قراءته، وينبغى الجزم به لانه دعاء، فإذا جاز الدعاء للميت بما ليس للداعى، فلان يجوز بما هو له أولى، ويبقى الامر فيه موقوفا على استجابة الدعاء، وهذا المعنى لا يخص بالقراء بل يجرى في سائر الاعمال، والظاهر أن الدعاء متفق عليه انه ينفع الميت والحى القريب والبعيد بوصية وغيرها. ( المجموع, ج : 15, ص : 522

Artinya:
Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaan jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya. Karena ini termasuk doa. Dan doa itu termasuk perkara yang disepakati kebolehannya dan si mayit mendapatkan manfaat dari doa tersebut.

Al-Imam Ibnu Qudamah
Al-Imam Ibnu Qudamah mengatakan di dalam kitab Al-Mughni juz 2 halaman 423 bahwa bacaan alquran itu sampai kepada mayit. Berikut perkataan beliau:
وهذه أحاديث صحاح، وفيها دلالة على انتفاع الميت بسائر القرب؛ لأن الصوم والحج والدعاء والاستغفار عبادات بدنية، وقد أوصل الله نفعها إلى الميت، فكذلك ما سواها

Artinya:
Ini adalah dalil-dalil yang sahih yang menunjukkan bahwa mayit dapat menerima manfaat pahala semua ibadah. Karena puasa, haji, doa, istighfar adalah ibadah badaniyah. Sungguh Allah telah menyampaikan pahalanya kepada si mayit. Begitu juga pahala ibadah lainnya. [Baca Juga: Benarkah Pahala Bacaan Alqur'an Tidak Sampai kepada Mayit? (1)]Bersambung...
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3369 seconds (0.1#10.140)