Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin

Selasa, 24 Desember 2019 - 21:25 WIB
Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin
Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Jin
A A A
Nabiyullah Sulaiman 'alaihissalam (AS) merupakan Nabi dan Rasul pilihan Allah Ta'ala yang dikaruniai kerajaan yang tidak dimiliki manusia di muka bumi. Beliau memiliki mukjizat besar bisa menguasai dan memerintah hewan dan bangsa jin.

Nabi Sulaiman merupakan putra Nabi Dawud yang nasbanya tersambung kepada Nabi Ibrahim. Beliau diutus untuk Bani Israil. Kekayaan dan kerajaan yang dimilikinya tidak lantas membuatnya sombong. Justru beliau menjadi hamba yang pandai bersyukur kepada Allah Ta'ala.

Adapun mukjizat dan kerajaan yang dimiliknya untuk membuktikan kenabiannya. Kisah Nabi Sulaiman sebagai pemimpin bijaksana, menguasai jin, menundukkan angin, berbicara dengan hewan ini dikisahkan dalam Surah An-Naml (semut) dan As-Shad dalam Al-Qur'an Al-Karim.

Berikut Doa Nabi Sulaiman

Untuk menundukkan hewan dan jin, Allah Ta'ala mengajarkan Beliau doa yang membuat bangsa Jin dan hewan tunduk kepadanya. Berikut doanya sebagaimana diabadikan dalam Surah An-Naml:
بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahiim, allaa ta'luu 'alayya wa'tuunii muslimiin

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. (QS An-Naml: 30-31)

Doa ini bisa digunakan untuk menghadapi orang yang kesurupan atau mengusir jin dari dalam tubuh. Caranya dengan membacakan doa itu di telinga kanan orang yang kesurupan seraya menekan jempol kaki kanan dan kirinya, tentunya dengan izin Allah, wallahu a'lam.

Selain doa di atas, Nabi Sulaiman AS juga memiliki doa kekayaan yang bisa menundukkan angin, setan, ahli bangunan, penyelam dan sebagainya. Doa ini juga dapat diamalkan untuk memohon rezeki dari Allah Ta'ala. Berikut doanya:
قَالَ رَبِّ اغۡفِرۡ لِىۡ وَهَبۡ لِىۡ مُلۡكًا لَّا يَنۡۢبَغِىۡ لِاَحَدٍ مِّنۡۢ بَعۡدِىۡ‌ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ الۡوَهَّابُ

Qola Rabbighfir lii wa hablii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba'dii innaka Antal-Wahhaab

Artinya:
Dia berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkan kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sesudahku. Sesungguhnya Engkau yang Maha Pemberi. (QS Shad: 35).

Wallahu A'lam Bisshowab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4237 seconds (0.1#10.140)