Inilah Ayat yang Lebih Dicintai Rasulullah dari Seisi Bumi

Jum'at, 27 Maret 2020 - 16:24 WIB
Inilah Ayat yang Lebih Dicintai Rasulullah dari Seisi Bumi
Inilah Ayat yang Lebih Dicintai Rasulullah dari Seisi Bumi
A A A
Ketika Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) pulang dari Hudaibiyah, para sahabat diliputi kedukaan dan kesedihan. Lalu Nabi SAW berkata: "Sungguh, telah diturunkan kepadaku dua ayat yang keduanya lebih baik daripada dunia seluruhnya."

Ternyata Allah Ta'ala menurunkan Surah Al-Fath (kemenangan) yang membuat Rasulullah dan sahabat lepas dari kesedihan. Betapa bahagianya Rasulullah dan sahabat menerima surah Al-Fath karena di dalamnya terdapat ayat mengabarkan kemenangan yang nyata (fathun mubin).

Dari Umar bin Khattab, Nabi SAW bersabda: "Telah turun kepadaku tadi malam, surah yang lebih aku cintai dari pada dunia dan seisinya. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. Niscaya Allah akan mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang".

Inilah 2 Ayat yang Dimaksud:
لِّيَـغۡفِرَ لَكَ اللّٰهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡۢبِكَ وَ مَا تَاَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعۡمَتَهٗ عَلَيۡكَ وَيَهۡدِيَكَ صِرَاطًا مُّسۡتَقِيۡمًا

"Agar Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus". (Al-Fath: 2)

لِّيُدۡخِلَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَا وَيُكَفِّرَ عَنۡهُمۡ سَيِّاٰتِهِمۡ‌ؕ وَكَانَ ذٰ لِكَ عِنۡدَ اللّٰهِ فَوۡزًا عَظِيۡمًا

"Agar Dia masukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu menurut Allah suatu keuntungan yang besar". (Al-Fath: 5).

Dalam Tafsir As-Sa'di, Syeikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menjelaskan bahwa Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Anas, bahwa ayat ini turun kepada Nabi saat Beliau pulang dari Hudaibiyah. Sedangkan para sahabat diliputi kesedihan karena dihalangi dari mendatangi kampung halaman mereka.

Beliau SAW bersabda, "Sungguh, telah diturunkan kepadaku dua ayat yang keduanya lebih baik daripada dunia seluruhnya." Saat Beliau membacakannya, lalu ada seseorang berkata, "Mudah-mudahan hal itu menyenangkanmu wahai Rasulullah, Dia telah menjelaskan kepadamu apa yang Dia lakukan untukmu, lalu apa yang Dia lakukan untuk kami?

Maka Allah 'Azza wa Jalla menurunkan ayat setelahnya, "Agar Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai….dst." Ini merupakan hasil terbesar yang diperoleh kaum mukmin, yakni memperoleh semua yang diinginkan dengan masuk surga dan dihapuskan kesalahan-kesalahannya. Inilah yang Allah berikan untuk kaum mukmin. Subhanallah!
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)