Doa dan Amalan Membuka Pintu Rezeki, Resep Ibnu Qayyim

loading...
Membiasakan Bersedekah
Allah menjanjikan kepada siapa pun yang suka bersedekah , apapun bentuknya, akan diberikan balasan sesuai yang dikehendakiNya. Allah SWT berfirman:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (QS Saba’ : 39)

Berdzikir di Waktu Pagi dan Sore Hari
Zikir artinya mengingat atau menyebut. Yakni mengingat atau menyebut nama Allah SWT. Orang yang suka mengingat Allah, maka Allah pun akan mengingatnya. Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS Al-Baqarah:152)

Zikir kepada Allah diperintahkan setiap waktu, pagi, siang, sore, dan malam hari. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud No. 5084 dan al-Tirmidzi No. 3575 dikisahkan bahwa Abbdullah bin Khubaib RA bercerita. Suatu saat kami keluar mencari Rasulullah SAW untuk salat bersama kami, di saat hujan dan gelap gulitanya malam.

Aku pun mendapatkan beliau. Lalu berkata: ‘Bacalah!’ Saat itu aku tidak mengucapkan apapun. Beliau berkata lagi: ‘Bacalah!’ Aku masih belum berkata apa-apa. Beliau mengulangi ucapannya: ‘Bacalah!’ Aku pun bertanya: ‘Wahai Rasulullah , apa yang aku baca?’

Beliau bersabda: ‘Bacalah: Surat al-Ikhlash, dan al-Mu’awwidzain (Al Falaq dan An Nas) ketika masuk waktu sore dan masuk waktu pagi sebanyak tiga kali. Maka hal itu akan mencukupi kamu dari segala sesuatu.” Hadis ini menurut al-Albani hasan sahih. (al-Albani, al-Targhib Wa al-Tarhib, I/158).

Hadis tersebut menerangkan bahwa siapa pun yang suka berzikir kepada Allah, terutama zikir dengan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan al-Nas, masing-masing tiga kali, baik di waktu pagi maupun sore, maka Allah akan mencukupi kehidupannya.
(mhy)
halaman ke-2
preload video