Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan

Selasa, 07 April 2020 - 19:26 WIB
Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan
Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan
A A A
RAMADHAN sebentar lagi. Nisfu Sya'ban jatuh pada 8 April 2020. Sedangkan Ramadhan , diperkirakan pada 24 April 2020. Sudah sewajarnya bagi umat Islam menyiapkan diri dengan amalan-amalan sebagai bekal menyongsong bulan yang dinanti-nantikan itu.

Berikut ini empat amalan yang dapat kita persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan .

1. Memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga

Allah berfirman :

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ

Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian”. (QS Al-Anfal Ayat 1)

Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang ramadhan saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

2. Memperbanyak istighfar dan taubat.

Setiap insan tentulah pernah bersalah dalam kehidupannya. Iman yang selalu naik dan turun, perjalanan hidup yang banyak godaan pasti akan membuat kita pernah terpeleset sehingga terkotori oleh dosa, dan kotoran itu perlu dibersihkan. Maka istighfar dan taubat adalah pembersihnya.

وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS. Al-Anfaal: 33)

3. Mempelajari fikih selama bulan Ramadhan

Karena Allah perintahkan manusia untuk berbekal selama perjalanan hidupnya,

…..وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَاأُوْلِي اْلأَلْبَا

"Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa, dan bertaqwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal”. (Q.S. Al-Baqarah : 197)

Untuk bisa menggapai taqwa selama ramadhan , kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama bulan mulia itu. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengikuti aturan syariat itu adalah dengan mempelajari aturan terebut dan berusaha mengamalkannya.

Karena itulah, para ulama sejak masa silam, selalu memotivasi kaum muslimin untuk belajar dan belajar. Belajar aturan syariat kemudian berusaha mengamalkannya.

4. Melatih diri dengan puasa sunnah

Untuk menghadapi Ramadhan kita membutuhkan energi yang cukup baik. Salahsatu cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban.

Dari Aisyah ra, ia berkata: “Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan Sya’ban. (HR. Bukhori)
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2933 seconds (0.1#10.140)