Alquran Repetisi

Rabu, 16 Juli 2014 - 19:25 WIB
Alquran Repetisi
Alquran Repetisi
A A A
Seorang muallim berkata di hadapan para muridnya, "Alquran itu berisikan kata-kata dan kalimat-kalimat yang diulang-ulang. Pengulangan itu repetisi. Dan ada ribuan kata dalam Alquran yang diulang puluhan, ratusan bahkan ribuan kali."

"Maksudnya bagaimana, Pak Ustaz?" tanya seorang murid.

Sang ustaz tersenyum lalu ia berujar bahwa ia akan membaca sebuah kalimat dalam Alquran dan ia meminta para muridnya untuk melengkapi kalimat.

Ustaz itu mulai membaca, "Innallaha 'alaa kulli syai'in...." Secara kompak para murid menyahut, "Qadiir..."

Tiba-tiba sang ustaz bertanya, "Kok pada bisa menjawab?" Dengan kompak para murid menjawab, "Kan sering kalimat itu tercantum dalam Alquran."

Saya hadir dalam pengajian saat itu. Ketika itu pun saya mengangguk tanda setuju.

Benar..., 80% kata atau vocabularies dalam Alquran sering diulang-ulang atau repetisi.

Contohnya adalah kata-kata berikut: Allah, As-Samawat (langit), Al Ardh (bumi), Al Maa' (air), Al Bahr (laut), Yaa Ayyuhal ladziina aamanu, Yaa ayyuhan naasu, dan sebagainya.

Inilah salah satu mukjizat Alquran. Bahasa yang digunakan mudah, selain itu banyak sekali repetisi.

Maka bagi para muallim (guru) yang mengajarkan Alquran. Cukup bagi mereka membacakan sekali atau dua kali kata dalam Alquran terhadap satu kata, maka insya Allah sang murid akan mampu membacanya untuk kali selanjutnya saat mereka menemukan dalam ayat-ayat Alquran lainnya.

Selanjutnya, bagi mereka yang ingin segera lancar baca Alquran, cobalah simak bagaimana Syaikh Mahmud Khalil Al Husary membaca 1 juz Al Quran dan 29 juz sisanya Anda bisa lancar membaca.

Kalau tidak percaya, silakan buktikan.

BOBBY HERWIBOWO
Yayasan Askar Kauny
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)