Fun Theory Dalam Menghafal Alquran

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 17:18 WIB
Fun Theory Dalam Menghafal Alquran
Fun Theory Dalam Menghafal Alquran
A A A
Murajaah (atau pengulangan hafalan Alquran) bagi kebanyakan orang yang sedang menghafal jadi momok tersendiri. Energi untuk murajaah jauh lebih banyak dibutuhkan, dibanding saat mereka sedang menjalani proses tahfiz (menghafal).

Diperlukan ketekunan, disiplin dan pantang malas demi melakukan murajaah. Banyak hafiz Alquran yang tidak mampu bertahan dalam proses ini. Sebab minimal dalam sehari dibutuhkan waktu setengah jam atau bahkan tiga jam untuk mengulang-ulang hafalan agar tidak lepas dari ingatan.

Aktivitas murajaah ini biasanya dilakukan dengan menyendiri, duduk yang lama dan membosankan. Sehingga banyak dari mereka yang mencoba menghafal Alquran merasa bahwa aktivitas murajaah tiada mengasyikkan.

Kauny Quantum Memory (KQM); Menghafal Alquran semudah tersenyum membuat aktivitas murajaah menjadi hal berbeda. Peserta sambil tertawa, bercanda tanpa terasa sudah melakukan murajaah dalam jumlah yang banyak.

KQM mengemas aktivitas murajaah ini dengan cara games, simulasi, lomba dan jalan-jalan. Semuanya dilakukan dengan konsep fun theory yang amat mengasyikkan. Hasilnya, tanpa jenuh orang awam pun akan enjoy melakukan aktivitas murajaah berulang-ulang.

Salah seorang ustaz bernama Inardi dari Yayasan Az Zikra asuhan Ustaz Arifin Ilham pernah sampaikan kepada saya saat beliau ikuti training KQM.

"Murajaah seperti yang KQM lakukan sungguh mengasyikan. Masjid Muammar Qaddafi di Sentul pernah dikirim dua orang hafiz dari Libya. Kami dapati bila mereka berdua murajaah, mereka berjalan-jalan mengelilingi komplek masjid. Kami selalu perhatikan aktvfitas murajaah mereka. Hal yang tidak biasa menurut kami. Berbeda dengan kebiasaan murajaah tiga orang imam Masjid Qaddafi asal Indonesia. Kebanyakan kita hanya melakukannya dengan cara duduk lama yang membosankan. Terbukti kualitas hafalan Imam dari Libya jauh lebih bagus dibanding kita. Saya baru tahu asyiknya murajaah seperti mereka usai ikut KQM."

Itulah salah satu testimony yang pernah saya dapatkan untuk teknik KQM, dimana aktivitas murajaah dibuat semudah tersenyum. Kami atas izin Allah SWT membuat mereka yang tadinya belum bisa baca Alquran mampu membaca, menghafal, memahami dan menulis Alquran dalam waktu yang amat singkat.

Menariknya, kami kemas pelatihan Alquran ini dengan banyak tawa dan canda dalam sebuah konsep yang bernama fun theory.

BOBBY HERWIBOWO
Kauny Quantum Memory
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4080 seconds (0.1#10.140)