alexametrics
Photomore
Videomore

Puasa Mengajarkan Manusia Realita Kehidupan

Melaksanakan ibadah puasa dan menahan diri dari makan dan minum, serta segala yang menggoda hawa nafsu adalah bukti ketaatan kita kepada Allah. Karenanya, puasa melatih kita untuk mendekatkan diri pada ketaatan kepada Allah.

Puasa juga mengajarkan manusia tentang realita kehidupan. Meski seseorang memiliki kekayaan atau bahkan popularitas, puasa mengajarkan bahwa manusia tetaplah makhluk yang memiliki keterbatasan.

Segala yang ada pada manusia adalah milik Allah semata. Dengan berpuasa, manusia diajarkan bahwa segala sesuatu yang dimilikinya adalah semu, karena sesungguhnya segalanya adalah milik Allah semata.

(esn)
cover top ayah
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah:284)
cover bottom ayah
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak