Intelektualitas Al-Ghazali Berada di Tingkatan yang Sulit Dilampaui

Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:49 WIB
loading...
A A A
Periode saat itu hanya cukup memberikan kepadanya pancaran-pancaran sporadis pemenuhan spiritual (rasa awal) -- tingkatan yang dipertimbangkan oleh sebagian besar ajaran-ajaran mistik non-sufi untuk menjadi puncak, tetapi kenyataannya itu hanya merupakan langkah awal.

Hal itu menjelaskan kepadanya bahwa, "Para sufi itu bukan orang-orang yang hanya berbicara, melainkan berpersepsi batin."

"Aku telah mempelajari bahwa semua itu dapat dipelajari dengan membaca. Tetapi kelanjutannya tidak bisa diperoleh dengan studi atau bicara," ujarnya.

Walaupun telah dibingungkan oleh percobaan-percobaan ekstatiknya dalam memikirkan semuanya itu dan akhir dari semua penjelajahan mistik, al-Ghazali sadar bahwa "penyerapan Tuhan, sebagaimana disebut, yang telah dianggap menjadi tujuan sufi, kenyataannya hanyalah merupakan permulaan."



Ia mengakhiri intelektualisme dan skolastisismenya, karena sadar bahwa semua itu adalah sebuah akhir, dan dengan demikian ia akan mampu menyelesaikan tangga-tangga pendahuluan yang dapat menyeberangkan pengalaman-pengalaman mistik ke dalam sebuah kesadaran final.

Ia dapat melakukan semua itu karena telah memperoleh apa yang ia cari -- sebuah bentuk pengenalan, mirip sebuah pancaran sinar langsung, yang telah memberikan sebuah perasaan keyakinan dan makna-makna untuk mencapai kesadaran tertinggi (ultimate realization). "Ini adalah sesuatu," katanya melukiskan persepsinya, "yang secara khas mirip seseorang yang benar-benar telah meraba sebuah obyek." ( )

Menceritakan kebahagiaan dan kesempurnaan tentang sebuah proses transmutasi alkimia dari kesadaran manusia, al-Ghazali mengemukakan sebuah cerita tentang Bayazid (al-Bisthami), seorang guru sufi klasik pertama, dalam bukunya Kimiyya'us-Sa'adah ( Kimia Kebahagiaan ), untuk menekankan bagaimana amour propre (penguasaan diri) harus dilihat pertama dalam pancaran sinar yang nyata, sebelum pembersihan yang lain benar-benar dikerjakan:

Baca juga
: Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali 1 , 2 , 3

Seseorang mendatangi Bayazid dan bertutur bahwa ia telah berpuasa dan beribadah selama tiga puluh tahun. Tetapi ia belum dekat pada pengenalan Tuhan. Bayazid menjawab, "Walaupun seratus tahun tak akan pernah cukup." Orang itu bertanya, "Mengapa?"

"Karena keakuanmu telah menjadi penghalang antara dirimu dan kebenaran."

"Berikan aku penyembuhnya!"

"Ada obatnya, tetapi ini tidak cocok untukmu."

Laki-laki itu memaksa minta. Dan Bayazid setuju untuk menjelaskan.

"Pergilah dan cukur jenggotmu. Buka dirimu dan telanjangi, kecuali pakaian bagian pinggul ke bawah. Isi sebuah karung makanan penuh dengan buah walnut (sejenis kenari) dan pergilah ke pasar terbuka. Berteriaklah di sana, 'Sebuah walnut untuk setiap anakyang menamparku!' Lalu baliklah engkau menuju ke sidang di mana doktor-doktor hukum sedang mengadakan sidang!"

"Tetapi, sungguh, aku tidak bisa melakukan itu. Tunjukkanlah kepadaku cara-cara lain!"

"Hanya itu caranya," kata Bayazid, "tetapi aku belum selesai menjelaskan semua, tak ada jalan lain untukmu." ( )
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)