alexametrics

Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku' dan Sujud?

loading...
Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku dan Sujud?
Ilustrasi gerakan bersujud. Foto/Ist
Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai jumlah tasbih dan bacaan pada ruku' dan sujud. Penjelasan UAS ini dikutip dari bukunya "77 Tanya-Jawab Seputar Shalat" yang dipersembahkan oleh Tafaqquh Study Club. (Baca Juga: Cara Mengangkat Kedua Tangan Ketika Takbiratul-Ihram)

Berikut Penjelasannya:
Imam Ibnu Qudamah menyebutkan satu riwayat dari Imam Ahmad: Imam Ahmad bin Hanbal berkata dalam risalahnya, "Terdapat riwayat dari Al-Hasan Al-Bashri bahwa ia berkata: "Tasbih yang sempurna itu tujuh, pertengahan itu lima dan yang paling sedikit itu tiga."

Apakah Bacaan pada Ruku'?


Riwayat Pertama:
Rasulullah SAW ketika ruku' mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung) tiga kali". (HR. Abu Daud, at-Tirmizi, Ibnu Majah, ad-Daraquthni dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir).

Riwayat Kedua:

Rasulullah SAW ketika ruku’ mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi wa bihamdihi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan dengan Pujian-Nya) tiga kali". HR Abu Daud, ad-Daraquthni dan al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubra).



Riwayat Ketiga:
Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW banyak membaca pada ruku’ dan sujudnya: "Subhanaka Allahuma wa bihamdika Allahumaghfirli (Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan pujian-Mu Ya Allah ampunilah aku)". (HR. Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal).

Riwayat Keempat:
Dari Mutharrif bin Abdillah bin asy-Syikhkhir, sesungguhnya Aisyah memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah SAW mengucapkan pada ruku' dan sujudnya: "Subbuhun Quddusun Robbul-Malaaikati warruh (Maha Suci, Maha Memberi berkah, Tuhan para malaikat dan Jibril)". (HR. Muslim)

Riwayat Kelima:

Ketika ruku’ Rasulullah SAW membaca: "Allahumma laka raka'tu, wa bika amantu, wa la aslamtu khosya'a laka sam'i wa bashori wa mukhhi wa 'azhmi wa ashobi (Ya Allah kepada-Mu aku ruku', dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu khusyuk telingaku, pandanganku, otakku, tulangku dan urat sarafku". (HR. Muslim)
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ هٰذِهٖ تَذۡكِرَةٌ ‌ۚ فَمَنۡ شَآءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ سَبِيۡلًا
Sungguh, (ayat-ayat) ini adalah peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) tentu dia mengambil jalan menuju kepada Tuhannya.

(QS. Al-Insan:29)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak