Membaca Masa Depan Hamas dan Rakyat Palestina Tanpa Ismail Haniyeh

Rabu, 07 Agustus 2024 - 05:57 WIB
loading...
Membaca Masa Depan Hamas...
Bagaimana nasib Hamas dan rakyat Palestina setelah tiada Ismail Haniyeh? Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Prof Khaled Hroub mengatakan secara simbolis, kematian Ismail Haniyeh merupakan kehilangan terberat yang dialami oleh para pemimpin Hamas sejak terbunuhnya pendiri sekaligus pemimpin spiritualnya, Ahmed Yassin , pada tahun 2004.

"Meskipun kerugian yang ditimbulkan cukup besar, Hamas tidak akan hancur hanya karena ketidakhadirannya," tulis Profesor Studi Timur Tengah, Universitas Northwestern di Qatar dan penulis dua buku tentang Hamas tersebut dalam artikelnya berjudul "Haniyeh killing: What will Hamas look like after the political leader's death?" yang dilansir Middle East Eye, 2 Agustus lalu.

Menurutnya, kepemimpinan kolektif kelompok ini tersebar di dalam dan luar Palestina , dengan struktur yang dirancang untuk meminimalkan hilangnya pemimpin mana pun, betapa pun pentingnya mereka.



Pola pembunuhan dan pembaruan ini telah berulang dari waktu ke waktu. Menghilangkan pemimpin secara individu untuk sementara melemahkan gerakan tersebut, tetapi mengonsolidasikan kedudukan dan popularitasnya. "Para pemimpin yang lebih muda masuk, reorganisasi pun terjadi, dan basis dukungan kelompok tersebut meluas," jelasnya.

Faktor yang lebih penting adalah semakin parahnya penyebab di balik kemunculan Hamas dan kelompok perlawanan Palestina lainnya: kebrutalan pendudukan Israel yang sedang berlangsung.

Israel berperang melawan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Fatah, dan setelah menetralkan keduanya tanpa mengakhiri penjajahan dan pendudukannya atas Palestina, Hamas dan Jihad Islam Palestina, yang dilarang, bahkan dimasukkan sebagai kelompok teroris di Inggris dan negara-negara lain, muncul.

Persamaannya tetap sama: pendudukan militer melahirkan perlawanan.

Lalu, apa yang akan terjadi pada Hamas dan rakyat Palestina setelah Haniyeh?

Khaled Hroub mengatakan bagi Hamas, ini adalah kehilangan besar, yang terjadi pada saat gerakan tersebut tengah berjuang melawan apa yang tampaknya merupakan perang untuk bertahan hidup di Jalur Gaza.

"Hamas akan membutuhkan waktu untuk menghasilkan pemimpin karismatik sekelas Haniyeh. Namun, pada akhirnya, Hamas akan melakukan hal itu, seperti yang dilakukannya setelah pembunuhan Yassin dan para pemimpin tinggi lainnya," ujarnya.



Jika pembunuhan ini dan pembunuhan terus-menerus di Gaza dapat menghancurkan Hamas sebagai sebuah struktur, mimpi buruk regional akan muncul. "Alih-alih satu organisasi militer yang utuh, Israel akan menghadapi banyak kelompok sempalan yang lebih radikal daripada Hamas," tuturnya.

Bagi rakyat Palestina, mereka telah kehilangan seorang tokoh pemersatu. Ismail Haniyeh merupakan kekuatan yang kuat dalam upaya untuk membina rekonsiliasi internal dengan Fatah dan menciptakan kepemimpinan Palestina yang bersatu.

Tidak seperti beberapa pemimpin Hamas dan Palestina lainnya, Ismail Haniyeh dibimbing oleh politik yang inklusif. Perjalanan panjangnya bersama Hamas sejak awal memperkaya pengalaman dan keterampilannya dalam menyeimbangkan pendekatan terbaik.

Menurut Khaled Hroub, yang dapat menggantikan sebagian pengaruhnya adalah warisannya yang bersikap moderat terhadap para pesaingnya di Palestina sambil tetap berani dan tidak kenal kompromi terhadap Israel.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)