alexametrics

Niat Puasa Sunnah di Bulan Muharram

loading...
Niat Puasa Sunnah di Bulan Muharram
Bagi yang ingin menghidupkan sunnah Nabi di bulan Muharram, maka amalan yang paling afdhol adalah berpuasa. Foto Ilustrasi/Ist
Bagi yang ingin menghidupkan sunnah Nabi di bulan Muharram, maka amalan yang paling afdhol adalah berpuasa. Muharram adalah bulan pertama yang menyimpan banyak keberkahan.

Salah satu keistimewaan Muharram adalah bulan yang diagungkan Allah SWT bersama tiga bulan lainnya Dzulqa'dah, Dulhijjah dan Rajab. Allah menyebutnya sebagai asyhurul-hurum (bulan-bulan haram) yang artinya tidak boleh menganiaya diri sendiri.

Dalam satu hadits Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW): "Seafdhal-afdhal puasa setelah puasa Ramadhan ialah puasa pada bulan Syahrullah (bulan Allah) Muharram dan seutama-utama salat sesudah salat fardhu ialah salat malam." (Hadis Riwayat Muslim)



Amalan untuk menghidupkan puasa di bulan-bulan haram adalah perintah yang ditekankan oleh Nabi. Sebab, dalam bulan-bulan itu terdapat kemuliaan dan keberkahan yang sangat melimpah. Allah mencurahkan rahmat dan karunianya di bulan-bulan itu termasuk Muharram.

Salah satu keberkahan Hari 'Asyura (hari 10 Muharram) adalah diampuninya dosa-dosa umat Nabi Muhammad SAW selama setahun lalu bagi mereka yang mengerjakan puasa. Jika ingin menambahkannya dengan puasa Tasu'a (9 Muharram) lebih baik lagi karena merupakan perintah dari Nabi untuk menyelisihi puasanya orang-orang Yahudi.

Sekadar mengingatkan, malam ini (hitungan kalender Hijriyah) adalah momen yang dinanti umat Islam bertepatan masuknya Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah. Bagi yang ingin menjalankan puasa Muharram besok hari,Minggu (1/9/2019) ada baiknya malam ini berniat demi memantapkan hati dan menghidupkan sunnah Nabi.

Berikut Bacaan Niat Puasa Sunnah Muharram

1. Niat Puasa Harian Sunnah Muharram
Nawaitu Shouma Syahril Muharrom Sunnatan Lillahi Ta'ala.
Artinya: Saya niat berpuasa di bulan Muharram, sunnah karena Allah Ta'ala.

2. Niat Puasa Tasu'a (9 Muharram)

Nawaitu Shauma Ghadin 'an Ada’i Sunnatit Tasu'a Lillahi Ta'ala.
Artinya: Aku berniat puasa sunnah Tasu'a esok hari karena Allah SWT.

3. Niat Puasa 'Asyura (10 Muharram)
Nawaitu Shauma Ghadin 'an Ada'i Sunnatil 'Asyura Lillahi Ta'ala.
Artinya: Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.(Baca Juga: Sambut Tahun Baru 1 Muharram, Jangan Lupa Baca Doa Ini)
(rhs)
cover top ayah
قَدۡ خَسِرَ الَّذِيۡنَ قَتَلُوۡۤا اَوۡلَادَهُمۡ سَفَهًۢا بِغَيۡرِ عِلۡمٍ وَّحَرَّمُوۡا مَا رَزَقَهُمُ اللّٰهُ افۡتِرَآءً عَلَى اللّٰهِ‌ؕ قَدۡ ضَلُّوۡا وَمَا كَانُوۡا مُهۡتَدِيۡنَ
Sungguh rugi mereka yang membunuh anak-anaknya karena kebodohan tanpa pengetahuan, dan mengharamkan rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka dengan merekayasa kebohongan terhadap Allah. Sungguh, mereka telah sesat dan tidak mendapat petunjuk.

(QS. Al-An’am:140)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak