alexametrics

Rahasia Agar Dicintai Allah dan Manusia

loading...
Rahasia Agar Dicintai Allah dan Manusia
Salah satu cara agar mendapatkan cintanya Allah adalah zuhud terhadap dunia. Foto Ilustrasi/dok kaliakbar
Kajian kali ini membahas tema 'bagaimana orang-orang mencintaiku'. Cinta adalah karunia besar yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Mencintai dan dicintai merupakan fitrah manusia.

Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri dalam Kajian Senin malam di Masjid Permata Qalbu, Perumahan Permata Mediterania, Pos Pengumben, Jakarta Barat, menyampaikan tausiyah menarik. Dalam tausiyahnya, Syeikh Ahmad memberi tips agar dicintai Allah 'Azza wa Jalla dan juga dicintai manusia.

Beliau mengutip hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila Allah Ta'ala mencintai seorang hamba, Allah menyeru kepada Jibril, "Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah dia!" Maka Jibril mencintainya. Kemudian Jibril menyeru di langit, "Sesungguhnya Allah mencintai fulan, maka cintailah dia (wahai para malaikat)!" maka penduduk langit mencintainya. Dan Allah menjadikan dia diterima di bumi (dicintai orang-orang saleh di bumi)." (HR Bukhari-Muslim)



Kemudian dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW bersabda, dari Abul 'Abbas Sahl bin Sa'd As-Sa'idi RA, ia berkata, ada seseorang datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata: "Wahai Rasulullah! Tunjukkan kepadaku satu amalan yang jika aku mengamalkannya, maka aku akan dicintai oleh Allah dan dicintai manusia."

Beliau SAW menjawab, "Zuhudlah terhadap dunia, niscaya engkau dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusia, niscaya engkau dicintai manusia." (HR. Ibnu Majah)

"Kalau kita zuhud terhadap dunia, kita akan dicintai Allah subhanahu wa ta'ala. Zuhud itu di hati," kata Syeikh Ahmad Al-Mishri.

Syeikh Ahmad menjabarkan bahwa ridha manusia merupakan tujuan yang tidak bisa diraih, sedangkan ridha Allah merupakan tujuan yang tidak boleh ditinggalkan. Maka tinggalkanlah apa yang tidak bisa diraih, dan raihlah apa yang tidak boleh ditinggalkan.

Pertanyaannya, bagaimana orang-orang mencintai aku? Kita jawab sesungguhnya dicintai manusia adalah nikmat besar. Adapun seseorang dicintai manusia karena 2 hal:
1. Akhlak dan perbuatannya.
2. Diterima di muka bumi.

Upaya seseorang untuk mencari cintanya manusia tidak melazimkan kita harus dapat cintanya manusia. Sebab, ridhanya manusia itu susah didapat, sedangkan dicintai manusia adalah hal yang mudah.

Berikut Tips Agar Dicintai Manusia:


1. Jadilah Orang yang lebih Awal Memulai.
Ketika ada saudara yang butuh pertolongan, engkau maju tanpa dia minta, maka engkau akan dicintai manusia.

2. Harus Punya Energi yang Baik untuk Orang di Sekitar.
Apabila orang bercerita keluh kesah pada kita, jangan bilang karena kamu begitu, atau karena kelakuannya buruk. Hiburlah dia, semangati dia dengan mengatakan lihatlah ada orang lain yang lebih sulit lagi hidupnya.

3. Tunjukkan Kecintaanmu pada Orang Lain.
Apabila engkau bertemu sahabatmu katakan saya rindu padamu. ucapkan salam kepadanya, peluklah dia. Kalau ketemu Guru bilang aku rindu. Apabila bertemu orang lain sampaikan kata-kata yang baik.

4. Jadilah Orang yang selalu Tersenyum dan Menghibur Manusia.
Kalau kita bercanda untuk menghibur orang lain Masya Allah itu luar biasa, tapi candanya tidak boleh dusta. Jika kita selalu tersenyum maka akan dicintai manusia. Maka sahabat senang kalau ketemu Rasulullah SAW gak pernah dihalangi dan beliau selalu tersenyum.

5. Berusaha Menjaga Penampilan.
Kita berusaha menjaga penampilan termasuk pakaian. Bayangkan kalau bertemu sama orang yang rapih atau berantakan, enak yang mana? Ketika kita menjaga penampilan kita akan disukai banyak orang. Perhatikanlah pakaian, meski punya cuma dua pakaian tapi selalu rapih dan wangi tentu sangat menyenangkan. Nabi Muhammad SAW itu wanginya luar biasa bahkan dari jauh sudah tercium.

6. Selalu Peduli dan Perhatian kepada Orang Lain.

Ketika orang lain berbicara kita perhatikan wajahnya. Wajah dan badan kita hadapkan kepadanya. Ini merupakan bentuk perhatian dan penghormatan kepada orang lain. Rasulullah SAW tidak pernah memalingkan wajah dan badannya ketika orang lain menyapanya atau mengajaknya berbicara.

Syeikh Ahmad Al-Mishri menutup kajiannya dengan satu hadits dari Abdullah bin Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi." Ada seseorang bertanya, "Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya Allah itu Indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain." (HR Muslim)

"Kalau orang cerita akhlaknya Imam Syafi'i. Bayangkan sudah beribu-ribu tahun orang-orang masih membicarakannya. Semoga kita semua dicintai Allah dan juga manusia," tutup Syeikh Ahmad Al-Mishri. (Baca Juga: 13 Adab Pernikahan Menurut Hadits Nabi)
(rhs)
cover top ayah
قَدۡ خَسِرَ الَّذِيۡنَ قَتَلُوۡۤا اَوۡلَادَهُمۡ سَفَهًۢا بِغَيۡرِ عِلۡمٍ وَّحَرَّمُوۡا مَا رَزَقَهُمُ اللّٰهُ افۡتِرَآءً عَلَى اللّٰهِ‌ؕ قَدۡ ضَلُّوۡا وَمَا كَانُوۡا مُهۡتَدِيۡنَ
Sungguh rugi mereka yang membunuh anak-anaknya karena kebodohan tanpa pengetahuan, dan mengharamkan rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka dengan merekayasa kebohongan terhadap Allah. Sungguh, mereka telah sesat dan tidak mendapat petunjuk.

(QS. Al-An’am:140)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak