alexametrics

Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

loading...
Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya
Salah satu keutamaan berdoa bisa mengubah takdir. Foto ilustrasi/dok quranic ways
Sakit merupakan sunnatullah karena semua manusia pernah merasakannya, termasuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Namun, Baginda Rasulullah punya cara sendiri untuk menghindari segala macam penyakit berbahaya.

Selain menjalankan pola hidup sehat, Rasulullah SAW mengajarkan doa-doa untuk penyakit tertentu. Meskipun setiap penyakit ada obatnya, beliau SAW menganjurkan umatnya untuk senantiasa berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah Ta'ala.

Sebagaimana sabda beliau dalam hadits yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad: "Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa".



Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada yang mampu mengubah takdir kecuali doa".

Selain memohon ampunan dan rahmat Allah, Nabi SAW mengajarkan doa agar terhindar dari penyakit berbahaya ataupun penyakit yang membinasakan. Amalan doa ini dibaca setiap hari dan dirutinkan agar tidak terkena penyakit berbahaya, tentunya dengan izin Allah Ta'ala. Berikut doanya:

Dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ucapkanlah:
Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom.

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya. (HR. Abu Daud, Imam Ahmad)

Selain doa di atas, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan satu doa untuk kesembuhan dari penyakit. Doa ini diriwayatkan Imam Muslim, Abu Daud, At-Tirmizi, dan Ibnu Majah.

Rasulullah SAW bersabda: Bacalah 'Bismillah' sebanyak 3 kali sembari meletakkan tangan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Kemudian bacalah 'a'uudzu bi'izzatillaahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir sebanyak 7 kali.

Artinya:
Aku berlindung dengan keperkasaan Allah Ta'ala dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

Setelah membaca doa di atas dianjurkan membaca salawat untuk Nabi sebanyak 3 kali. Mudah-mudahan dengan mengamalkan doa tersebut, kita terhindar dari segala penyakit berbahaya. Allahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَذَرُوۡا ظَاهِرَ الۡاِثۡمِ وَبَاطِنَهٗ‌ؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ یَکْسِبُوۡنَ الۡاِثۡمَ سَيُجۡزَوۡنَ بِمَا كَانُوۡا يَقۡتَرِفُوۡنَ
Dan tinggalkanlah dosa yang terlihat ataupun yang tersembunyi. Sungguh, orang-orang yang mengerjakan (perbuatan) dosa kelak akan diberi balasan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

(QS. Al-An’am:120)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak