alexametrics

20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz

loading...
20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz
Al-Habib Umar bin Hafidz, ulama besar asal Tarim, Hadhramaut Yaman. Foto/dok nabawi
Habib Umar bin Hafidz adalah seorang ulama besar kelahiran Hadhramaut Yaman yang aktif berdakwah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tak heran jika sosok Habib Umar dan Pesantren Darul Musthafa (Dar-al Musthafa) yang didirikannya di Tarim kini menjadi tempat menimba ilmu bagi para asatidz dan umat Islam khususnya bermadzhab Syafii.

Dari pesantren itu pulalah ajaran para salafusshalih diserukan dan dihidupkan hingga menyebar ke seluruh penjuru dunia. Habib Umar dikenal ahli dalam bahasa, syairnya bukan hanya Maulid Dhiya'ullami', namun lebih dari seribu alinea syair telah diterbitkan dari ucapannya dengan jumlah yang mencapai ratusan ribu bait.

Beliau digelari Al-Musnid, karena setiap menyebut hadits, mampu ataupun hafal menyebut sanadnya hingga ke Nabi Muhammad SAW.



Berikut kalam indah Habib Umar bin Hafidz yang pernah dipublikasikan salah satu muridnya Habib Quraisy Baharun (pendiri Pondok Pesantren As-Shidqu Cirebon):

1. Sebagaimana engkau membersihkan wajahmu agar indah dipandang orang, maka bersihkan pula hatimu agar indah dipandang Allah.

2. Semua persahabatan yang terbina di muka bumi ini akan menjadi permusuhan di hari akhirat kecuali persahabatan yang dibina dengan ketakwaan.

3. Syukuri apa yang kau miliki. Jangan iri dengan apa yang orang lain miliki, maka Allah SWT akan memberimu apa yang belum kau miliki.

4. Ada manusia yang amalnya seperti gunung di dunia namun di akhirat umpama debu yang berterbangan.

5. Menjaga perasaan seorang muslim adalah ibadah. Menyakiti hati seorang muslim dosanya lebih besar dari menghancurkan ka'bah. Siapa saja yang membuat senang hati seorang muslim, maka Allah akan membuatnya senang kelak di hari akhir.

6. Orang yang tinggi akhlaknya, walaupun rendah ilmunya lebih mulia dari orang yang banyak ilmunya tapi kurang akhlaknya.

7. Bila aku kecewa pada mereka yang banyak menyakitiku, aku teringat pada Rasulullah yang senantiasa memaafkan semua orang yang menyakiti beliau. shallallahu 'alaihi wa sallam.

8. Suatu saat kau akan dapati sesuatu yang kau pinta dari Allah sejak lama, mungkin sejak masa kecilmu yang bahkan kau sudah lupakan itu, tapi Allah tak akan melupakannya.

9. Jika kaulihat seseorang jauh dari Tuhannya, jangan kau ejek dia. Allah lebih dekat kepada pendosa ketimbang orang-orang yang sombong.

10. Jika kamu ingin untuk berada dekat dengan Nabi Muhammad, maka kamu perlu untuk bangun malam dan melaksanakan Tahajjud.

11. Bila aku merasa harus membalas kejahatan orang terhadapku, aku teringat Rasulullah ketika beliau dilempari batu, dipukul, dan diusir dari Thoif, maka beliau hanya berdoa kebaikan dan hidayah untuk seluruh kampung tersebut, shalallahu alaihi wa sallam.

12. Ramai wanita yang meniru wanita-wanita di televisi, sehingga mereka tidak kenal lagi siapa Sayyidatina Fatimah Binti Rasulullah SAW.

13. Sungguh celakalah orang orang yang tidak melihat wajahnya Nabi Muhammad di akhirat kelak, yaitu orang-orang yang mengagungkan para pemain bola dan para artis lebih dari mengagungkan Rasulullah SAW dan para sahabat RA.

14. Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja.

15. Jika jernih keadaan seorang mukmin, maka dia tak akan sabar untuk zikir kepada Allah.

16. Orang yang selalu mempunyai hubungan dengan Allah, maka Allah akan penuhi hatinya dengan rahmat dan ketenangan di setiap waktu.

17. Didiklah mata hati supaya jangan memandang hina pada orang lain walaupun dengan ahli maksiat.

18. Seandainya Allah perlihatkan pahala kesabaran, pasti ramai manusia yang berlomba-lomba mendekati ujian.

19. Jangan sibuk dengan hal orang lain. Jagalah hati kamu. Biarkan hati kamu senantiasa bersujud kepada Allah.

20. Wahai kamu semua yang mengharapkan pandangan daripada Allah, bersalawatlah kepada Rasulullah SAW.
(rhs)
cover top ayah
وَمِنَ الَّيۡلِ فَسَبِّحۡهُ وَاَدۡبَارَ السُّجُوۡدِ
Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat.

(QS. Qaf:40)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak