alexametrics

Bagaimana Caranya Bahagia, Ini Nasihat Aa Gym

loading...
Bagaimana Caranya Bahagia, Ini Nasihat Aa Gym
Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Foto/dok darut tauhid
Nikmat Allah Ta'ala begitu besar, andai kita sibuk pada itu maka kita akan tenggelam dalam karunia yang besar. Sayangnya banyak orang tak pernah merasa cukup padahal nikmat yang diberikan begitu banyak.

Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyampaikan tausiyahnya di Masjid Alatief, Pasaraya Grande Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam kajian kali ini, Aa Gym membahas Kitab 'Al-Hakim'.

"Banyak orang belum mengenal kunci syukur sehingga sebanyak apapun nikmatnya, gak pernah merasa cukup. Sesungguhnya kita menderita penyebabnya cuma satu, yaitu kurang syukur," kata Aa Gym.



AA Gym menyampaikan nasihat Imam Ibnu Atha'illah: "Barang siapa yang tidak mengetahui besarnya karunia ketika adanya nikmat itu, maka Allah akan memberitahukan pada dia dengan hilangnya karunia itu pada dirinya."

4 Kunci Kehidupan:
1. Manusia fitrahnya berbuat baik, karena kita bukan setan. Kuncinya adalah ikhlas.

Tanpa keikhlasan, amal saleh tidak akan bernilai di sisi Allah. "Yang menjamin kita bukanlah amalan kita, tapi Allah Ta'ala. Agar diterima amalnya, niatnya harus ikhlas lillahi ta'ala," terang AA Gym.

2. Manusia akan berbuat dosa, karena kita bukan Malaikat. Jika sudah berbuat dosa, kuncinya adalah taubat.


"Orang yang berilmu tapi sombong lebih buruk daripada orang yang tergelincir dosa lalu taubat. Hati-hati ujub, riya', takabbur. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang yang mensucikan diri," jelas Aa Gym.

Makanya jangan pernah meremehkan orang berbuat salah. Jika irangnya bisa berubah sebab bisa jadi orang tuanya mendoakannya. Karena itu jangan suka mengunci keburukan orang lain.

3. Manusia akan dapat nikmat dari Allah Ta'ala. Nikmat belum menjadi kebaikan kecuali kita syukuri. Jika kita tidak tahu bersyukur, kita tidak dapat menikmati hidup ini.

Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya." (HR Muslim)

Salah satu kunci syukur adalah hati 'Haqqul Yakin' bahwa nikmat itu milik Allah Ta'ala. "Makanya jangan sampai nunggu diambil nikmat, dan kalau sudah diambil nikmat susah kembali. Bu, kalau suami ngorok berysukur atau tidak? Iya. Kalau sudah dikubur gak Ngorok," kata AA Gym disambut senyum para jamaah.

4. Manusia pasti akan diberi ujian oleh Allah. Sikap terbaik adalah sabar.

Allah Ta'ala tahu keperluan dan kebutuhan kita karena DIA yang menciptakan kita. Kita semua ada dalam genggaman-Nya. Allah berfirman: "Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq: 3)

"Pokoknya sekarang doanya Alhamdulillaah. Dipuji Alhamdulillaah. Dicaci Alhamdulillaah. Diberi kelapangan Alhamdulillaah. Diberi kesulitan Alhamdulillaah. Dibalik setiap kesulitan ada kemudahan," kata AA Gym.
(rhs)
cover top ayah
اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الۡاَنۡفُسَ حِيۡنَ مَوۡتِهَا وَالَّتِىۡ لَمۡ تَمُتۡ فِىۡ مَنَامِهَا‌ ۚ فَيُمۡسِكُ الَّتِىۡ قَضٰى عَلَيۡهَا الۡمَوۡتَ وَ يُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰٓى اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ
Allah memegang nyawa seseorang pada saat kematiannya dan nyawa orang yang belum mati ketika dia tidur, Allah menahan nyawa orang yang telah ditetapkan kematiannya dan melepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

(QS. Az-Zumar:42)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak