alexametrics

Ingin Masuk Surga? Lakukan 5 Amalan Ini

loading...
Ingin Masuk Surga? Lakukan 5 Amalan Ini
Kenikmatan surga tak dapat dibayangkan oleh siapapun. Beruntunglah mereka yang menjadi ahlul-Jannah itu. Foto Ilustrasi/Dok Muslim Familia
Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di pikiran kita adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan keindahan. Tidak ada sedih, duka, dengki, iri, kesusahan, ketakutan apalagi permusuhan.

Surga identik dengan kesenangan dan kebahagiaan yang tak ada habisnya. Demikian gambaran sekilas tentang surga yang diceritakan dalam Alqur’an maupun hadits Nabi.

Sebagaimana ahli hikmah berkata, "Condong kepada dunia setelah mengetahui pahala berarti satu kebodohan. Tidak bersungguh-sungguh beramal setelah mengetahui besarnya pahala berarti lemah dan malas. Di surga ada masa istirahat yang tidak dapat dirasakan kecuali orang yang tidak pernah istirahat di dunia."

Dikisahkan dalam Kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laits As-Samarqandi, Ibrahim bin Adham ketika hendak masuk ke kamar mandi dilarang oleh penjaganya: "Jangan masuk kecuali jika membayarnya dengan uang." Maka ia menangis dan berdoa: "Ya Allah, seorang untuk masuk ke rumah setan saja tidak diizinkan tanpa uang, bagaimana saya akan masuk ke tempat para Nabi (surga) tanpa upah?"



Yahya bin Mu'adz Arrazi berkata: "Meninggalkan dunia berat, namun meninggalkan surga lebih berat, sedang maharnya surga ialah meninggalkan dunia."

5 Amalan yang Mengantarkan ke Surga:

Abu Laits As-Samarqandi berkata, 'Siapa yang ingin mendapat kehormatan masuk surga-Nya Allah, hendaklah ia melakukan lima hal ini,' yaitu:

1. Menahan Diri dari Maksiat.

Sebagaimana Allah berfirman: "Wa nahannafsa anil hawa fainnal jannat hiyal ma'wa" (Dan menahan nasfu dari maksiat maka surga tempatnya).

2. Rela dengan Pemberian yang Sederhana.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang artinya: "Harga surga itu ialah tidak rakus pada dunia."

3. Taat dan Gemar Berbuat Kebaikan.
Sebab kemungkinan amal kebaikan itu menyebabkan pengampunan dan masuk surga seperti firman Allah yang artinya: "Itu surga yang diwariskan kepadamu karena amal perbuatanmu."

4. Mencintai Orang Saleh dan Bergaul dengan Mereka.
Sebab mereka diharapkan syafa'atnya sebagaimana dalam hadits Nabi yang artinya: "Perbanyaklah teman salehmu karena setiap teman itu ada syafa'atnya pada hari kiamat."

5. Memperbanyak Doa Minta Masuk Surga dan Husnul Khotimah.
Anas bin Malik RA berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Siapa yang minta kepada Allah surga sampai tiga kali, maka surga berdoa: 'Ya Allah, masukkan ia ke surga'. Dan siapa berlindung kepada Allah dari neraka tiga kali maka neraka akan berdoa: 'Ya Allah, hindarkan ia dari neraka.' [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]
(rhs)
cover top ayah
كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَنَبۡلُوۡكُمۡ بِالشَّرِّ وَالۡخَيۡرِ فِتۡنَةً‌  ؕ وَاِلَيۡنَا تُرۡجَعُوۡنَ
Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

(QS. Al-Anbiya:35)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak