alexametrics

Pesan Habib Umar bin Hafidz di Bulan Rabiul Awal

loading...
Pesan Habib Umar bin Hafidz di Bulan Rabiul Awal
Ulama besar Yaman Al-Habib Umar bin Hafidz dalam satu kajian Rouhah di Cidodol, Jakarta Selatan, belum lama ini. Foto/Dok MR
Hari ini Selasa (29/10/2019) kita memasuki hari pertama Rabiul Awal (bulan ke-3 tahun Hijriyah). Bulan yang sangat istimewa karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) lahir ke dunia di bulan ini.

Apa hadiah terindah untuk Rasulullah SAW yang bisa kita berikan di bulan Rabiul Awal? Berikut jawaban Ulama besar Yaman Al-Habib Umar bin Hafidz yang dipublish akun Instagram @pena-tarim.

Habib Umar yang juga salah satu dzurriyah Rasulullah itu berpesan, pada kenyataannya kita tidak dapat memberikan faedah pada Rasulullah SAW dengan cara apapun. Tapi apa yang menyenangkan beliau adalah apabila kita dapat memahami ucapan dan ajaran-ajarannya dan kemudian beramal sesuai tuntunannya untuk bisa mengangkat derajat kita ke maqam (tingkatan) yang lebih tinggi.



Rasulullah SAW meridhai apa saja yang bisa menguntungkan dan bermanfaat untuk umatnya. Salah satu hal terbesar (seperti yang kita pahami dari Kitab Allah dan Sunnah) adalah jika kita bisa menjadi sarana untuk membina orang lain. Orang itu mungkin orang kafir yang mau menerima Islam atau menuntun muslim yang tak taat atau lalai agar bertobat dan kembali ke jalan lurus.

Hal lain adalah menghidupkan sunnah dan beramal dengannya. Jika kita berhasil menghidupkan sunnah di dalam rumah kita dan mengajarkannya kepada anak-anak kita, tentunya ini akan membuat Rasulullah SAW senang dan ridha. Sebab kita akan memperoleh manfaat besar dari hal tersebut.

Nabi SAW bersabda: "Barangsiapa menghidupkan sunnahku pada saat kerusakan hadir dalam umatku akan memiliki pahala seorang syahid" (atau dalam riwayat lain seratus syuhada).

Selain itu kita juga dianjurkan untuk melakukan kebaikan terhadap sesama manusia pada umumnya, dan pada orang-orang beriman secara khususnya serta lebih khusus lagi terhadap kaum sholihin.

Selanjutnya agar memperkuat cinta kepada orang beriman, untuk orang-orang dari keluarga Nabi dan untuk para sahabat sahabat beliau.

Dan pada akhirnya, marilah kita membuat niat besar dalam Rabiul Awal ini, seperti berkumpul bersama untuk merayakan kegembiraan atas maulid Nabi Muhammad SAW dan menyebarkan pengetahuan serta akhlak yang baik.
(rhs)
cover top ayah
اِنَّهٗ يَعۡلَمُ الۡجَـهۡرَ مِنَ الۡقَوۡلِ وَيَعۡلَمُ مَا تَكۡتُمُوۡنَ
Sungguh, Allah mengetahui perkataan yang kamu ucapkan dengan terang-terangan, dan mengetahui pula apa yang kamu rahasiakan.

(QS. Al-Anbiya:110)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak