alexametrics

Buya Yahya: Rabiul Awal Bulan Rahmat Bagi Semesta Alam

loading...
Buya Yahya: Rabiul Awal Bulan Rahmat Bagi Semesta Alam
Rabiul Awal menjadi bulan istimewa karena di dalamnya banyak terjadi peristiwa penting dialami Nabi Muhammad SAW. Foto Ilustrasi/Ist
Rabiul Awal menjadi bulan istimewa karena di dalamnya banyak terjadi peristiwa penting dialami Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Di antaranya kelahiran Beliau, turunnya wahyu, hijrah ke Madinah hingga wafat di Madinah dan peristiwa lainnya.

Di Indonesia, Rabiul Awal ini identik dengan perayaan Maulid Nabi. Syiar Maulid dan acara peringatan kelahiran Nabi dirayakan di berbagai penjuru daerah.

Buya Yahya (Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon) melalui akun Instagramnya @buyayahya_albahjah menyebutkan, di dalam Alqur'an terdapat ayat-ayat yang bercerita tentang nabi-nabi terdahulu. Inilah yang diajarkan oleh Allah agar kita senantiasa membaca dan mengambil hikmah di balik cerita Nabi-Nabi terdahulu.



Memang cerita orang-orang besar sungguh sangat mempengaruhi jiwa seseorang yang membacanya khususnya kepada anak-anak. Jika cerita tersebut adalah cerita perjuangan maka hal itu akan mengilhami semangat perjuangan sehingga ia akan rindu untuk menjadi sosok pejuang.

Jika cerita tersebut adalah tentang moral maka ia akan banyak mengetahui tentang moral dan bagaimana menjadi manusia berakhlak. Begitu juga sebaliknya jika cerita itu adalah dongeng atau kisah fiktif maka hanya akan membawa fantasi anak-anak pada imajinasi mustahil yang sangat merugikan anak-anak, karena yang ditokohkannya adalah seorang yang tidak ada dalam sejarah nyata orang-orang besar di dunia.

Atau jika cerita yang dibaca adalah kebejatan dan kekotoran budi pakerti, maka akan mudah ia terbawa kepada kehancuran moral. "Apabila kita membaca sejarah orang-orang besar dunia, maka sepanjang sejarah yang terbesar sampai akhir zaman adalah sejarah yang terbesar dan termulia, cerita Nabi Muhammad SAW," papar Buya Yahya.

Menurut Buya, Beliau SAW adalah orang paling agung dan paling mulia yang terlahir sebagai Nabi akhir zaman yang merupakan rahmat dari Allah bagi seluruh alam. Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran nabi, rahmat bagi semesta alam. Maka secara otomatis bulan Rabiul Awal adalah bulan termulia dan bulan rahmat bagi alam semesta, bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Maka sungguh sangat tepat jika kita jadikan bulan tersebut sebagai momen untuk mengantarkan anak-anak, keluarga dan sahabat untuk semakin dekat, kenal dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan membuat gebyar peringatan dan pengagungan kepada Nabi Muhammad SAW. Peringatan yang menampilkan dengan mengadakan acara yang menampilkan gebyar dan syi'ar agama Islam yang dibawanya.
(rhs)
cover top ayah
فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ اَنۡ يُّضِلَّهٗ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَآءِ‌ؕ كَذٰلِكَ يَجۡعَلُ اللّٰهُ الرِّجۡسَ عَلَى الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ
Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-An’am:125)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak