alexametrics

Ingin Jadi Waliyullah? Penuhi 12 Syarat Ini

loading...
Ingin Jadi Waliyullah? Penuhi 12 Syarat Ini
Makam Waliyullah Al-Qutub Sayyid Ahmad Al-Badawi (596-675 Hijriyah) di Kota Tonto, Mesir, dipenuhi peziarah. Foto/Dok egypttoday
Dalam muqaddimah Kitab Al-Hikam yang disusun Syeikh Ibnu 'Athoillah As-Sakandariy disinggung tentang syarat yang harus dipenuhi seseorang jika ingin menjadi waliyullah (wali Allah).

Sebelumnya dijelaskan bahwa ilmu tauhid (disebut juga tasawuf) merupakan semulia-mulia ilmu sebab ia menjadi intisari dari syari'at. Bahkan menjadi pilar utama dalam agama Islam.

Sebagaimana Allah berfirman: "Wa maa khalaq tul jinna wal insan illa liya'buduun". (Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka menyembah Aku).



Adapun definisi ilmu tasawuf menurut Junaid Al-Baghdadi adalah mengenal Allah, sehingga antaramu dengan Allah tidak ada perantara. Selain itu, menerapkan akhlak terpuji dalam semua aspek kehidupan menurut apa yang telah disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW). Meninggalkan akhlak tercela dan mengendalikan hawa nafsu sesuai kehendak Allah. Merasa tidak memiliki apapun dan juga tidak dimiliki oleh siapapun kecuali Allah.

Abul Hasan Asy-Syadzily radhiallahu 'anhu (RA) berkata: Aku dipesan oleh guruku (Abdussalam bin Masyisy RA): "Janganlah kamu melangkahkan kaki kecuali untuk sesuatu yang dapat mencapai keridhaan Allah. Jangan duduk di majelis kecuali yang aman dari murka Allah. Dan jangan bersahabat kecuali kepada orang yang dapat membantu berbuat taat kepada Allah. Dan jangan memilih sahabat karib kecuali orang yang menambah keyakinanmu terhadap Allah, yang demikian ini sudah jarang untuk didapat."

Sayyid Ahmad Al-Badawi RA (596-675 Hijriyah) berkata: "Perjalanan kami berdasarkan kitab Allah dan sunnah Rasulullah SAW:
- Benar dan jujur.
- Bersih hati.
- Menepati janji.
- Bertanggung jawab dalam tugas dan derita.
- Menjaga kewajiban.

Seorang muridnya bernama Abdul Ali bertanya: "Apakah syarat yang harus diperbuat oleh orang yang ingin menjadi wali Allah? Sayyid Ahmad Al-Badawi menjawab: 'Seorang yang benar-benar dalam syariat ada 12 tanda-tandanya, yaitu:

1. Benar-benar mengenal Allah (yakni mengerti benar tauhid dan penuh keyakinan kepada Allah).
2. Menjaga benar-benar perintah Allah.
3. Berpegang teguh pada sunnah Rasulullah SAW.
4. Selalu berwudhu (bila berhadas segera berwudhu kembali).
5. Rela menerima ketentuan (takdir) Allah dalam suka maupun duka.
6. Yakin terhadap semua janji Allah.
7. Putus harapan dari semua apa yang di tangan mkhluk.
8. Tabah, sabar menanggung berbagai derita dan gangguan orang.
9. Rajin mentaati perintah Allah.
10. Kasih sayang terhadap semua makhluk Allah.
11. Tawadhu, merendah diri terhadap yang tua dan muda.
12. Menyadari selalu bahwa setan itu musuh yang utama.
(rhs)
cover top ayah
اَمۡ اَمِنۡتُمۡ مَّنۡ فِى السَّمَآءِ اَنۡ يُّرۡسِلَ عَلَيۡكُمۡ حَاصِبًا‌ ؕ فَسَتَعۡلَمُوۡنَ كَيۡفَ نَذِيۡرِ
Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku.

(QS. Al-Mulk:17)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak