alexametrics

3 Dosa Paling Besar Menurut Alqur'an

loading...
3 Dosa Paling Besar Menurut Alquran
Alqur'an menyebutkan ada tiga dosa besar yang harus dijauhi seluruh manusia. Foto Ilustrasi/Dok Islamidia
Dalam satu hadits shahih Bukhari-Muslim, sahabat bernama Ibnu Mas'ud RA menyampaikan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang dosa paling besar. Maka Allah Ta'ala menurunkan Surah Al-Furqan ayat 68-70 sebagai ayat yang membenarkan jawaban Rasulullah SAW.

Dalam ayat itu, Allah Ta'ala menyatakan ada tiga dosa besar yang apabila dilakukan akan mendapatkan hukuman berat. Si pelaku dosa besar akan mendapatkan azab dari Allah Ta'ala kecuali mereka bertaubat dan mengerjakan kebajikan.

Allah Ta'ala berfirman yang artinya: "Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Dan barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat."



"(Yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina".

"Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (Al-Furqan: 68-70)

Pada ayat berikutnya Allah berfirman: "Dan barangsiapa bertobat dan mengerjakan kebajikan, maka sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenar-benarnya."

Terkait dosa besar ini, Nabi Muhammad SAW bersabda:

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رضي الله عنه قَالَ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم : أَيُّ الذَّنْبِ أَعْظَمُ؟ قَالَ: “أَنْ تَجْعَلَ لِلّهِ نِدًّا وَهُوَ خَلَقَكَ” قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: “أَنْ تَقْتُلَ وَلَدَكَ خَشْيَةَ أَنْ يَأْكُلَ مَعَكَ” قُلْتُ: ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ: “أَنْ تُزَانِيَ حَلِيْلَةَ جَارِكَ”.” مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.


Dari Ibnu Mas'ud radiyallahu 'anhu ia berkata: Saya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW: "Dosa apa yang paling besar?" Rasulullah bersabda: "Jika kamu menjadikan sekutu bagi Allah Ta'ala padahal Dia yang menciptakanmu." "Kemudian apa?" Rasulullah bersabda: "Jika engkau membunuh anakmu karena takut ia makan bersamamu." "Kemudian apa?" Rasulullah bersabda: "Jika kamu berzina dengan istri tetanggamu." (Muttafaqun 'alaih)

Di hadits lain, Rasulullah SAW mengingatkan ada 7 dosa besar yang membinasakan. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, "Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan (Al-Mubiqaat)." Mereka berkata, "Wahai Rasulullah, apa saja dosa yang membinasakan tersebut?" Beliau bersabda: (1) Syirik kepada Allah, (2) sihir, (3) membunuh jiwa yang haram untuk dibunuh kecuali jika lewat jalan yang benar, (4) makan riba, (5) makan harta anak yatim, (6) lari dari medan perang, (7) qadzaf (menuduh wanita mukminah yang baik-baik dengan tuduhan zina)." (HR Al-Bukhari, Muslim)
(rhs)
cover top ayah
اَتَاۡمُرُوۡنَ النَّاسَ بِالۡبِرِّ وَتَنۡسَوۡنَ اَنۡفُسَكُمۡ وَاَنۡتُمۡ تَتۡلُوۡنَ الۡكِتٰبَ‌ؕ اَفَلَا تَعۡقِلُوۡنَ‏
Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?

(QS. Al-Baqarah:44)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak