alexametrics

3 Jenis Hati, Semoga Kita yang Ketiga

loading...
3 Jenis Hati, Semoga Kita yang Ketiga
Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Foto/Istimewa
Founder Darut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar menyampaikan kajian Dhuha di Masjid As-Syarif, Kompleks Sekolah Islam Al-Azhar, BSD, Tangerang Selatan. Adapun tema tausiyah AA Gym kali ini adalah 'Belajar Ikhlas dalam Hidup'.

Berikut 3 Jenis Hati:


1. Qalbun Mayyit.

Ini hati yang mati. Apa ciri orang yang hatinya mati? Ya seperti orang yang mati tidak bisa dinasehati. Allah Ta'ala berfirman: "Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar)."
(QS Al-Baqarah: 18)

Orang yang hatinya mati, bisikannya hanya mengikuti nafsu saja. Kalau kata nafsu pukul ya pukul. Kata nafsu bunuh ya bunuh. Sehingga tidak ada lagi hati nurani. Bahayanya apa? Pasti tidak akan punya iman, kalau berbuat jahat bisa lebih keji dari binatang.

2. Qalbun Maridh.

Qalbun maridh ini adalah hati yang sakit. Tanda-tandanya hidupnya tidak tenang. Meski rumah mewah, harta banyak, namun tidak bahagia. Kenapa demikian? sekarang badan sakit saja kita sudah sengsara. Tapi ada yang lebih menderita dari itu, yaitu yang hatinya berpenyakit. Tidak sedikit yang badannya sehat tapi bunuh diri. Ada yang gagal menikah dia sehat, ternyata yang lebih menderita hati. Berapa banyak yang badannya sehat tapi hatinya sakit? Allah Ta'ala berfirman: "Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu Dustakan?" (QS. Ar-Rahman: 13)

3. Qalbun Salim.
Ini jenis hati yang selamat dan bersih. Apapun masalahnya dia tetap anteng saja. Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullaah SAW bersabda: "Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang Mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya." (HR. Muslim). "Makanya orang yang suka stres itu karena kurang iman," kata Aa Gym.

AA Gym juga menjelaskan 6 penyakit hati, yaitu:

1. Syirik.
2. Munafik.
3. Takabbur.
4. Dengki.
5. Ujub.
6. Cinta Dunia.



Mudah-mudahan kita memiliki hati yang bersih. Karena bahagia itu adalah Qalbun Salim. Mulia itu Qalbun Salim. Dan selamat dunia akhirat itu Qalbun Salim.
(rhs)
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

(QS. Ibrahim:40)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak