alexametrics

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi, Yuk Amalkan!

loading...
Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi, Yuk Amalkan!
Sala satu keutamaan membaca Surah Al-Kahfi adalah dilindungi dari fitnah Dajjal. Foto Ilustrasi/Istimewa
Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Alqur'an. Surah ini diturunkan di Makkah (surah Makkiyyah) terdiri dari 110 ayat.

Salah satu keistimewaan Surah Al-Kahfi di dalamnya terdapat kisah para nabi dan orang saleh. Di antaranya, kisah tujuh penghuni gua (Ashabul Kahfi) dan seekor anjing yang berada di gua selama 309 tahun perhitungan kalender hijriyah (300 tahun perhitungan kalender masehi).

Kemudian, kisah pemilik dua kebun yang memberi pelajaran tentang bahaya fitnah dunia berupa harta dan anak. Selanjutnya kisah pertemuan Nabi Musa 'alaihissalam dan Nabi Khidir yang penuh hikmah. Dan satu lagi kisah Raja Dzulqornain dengan makhluk perusak bernama Ya'juj dan Ma'juj.



Membaca Surah Al-Kahfi merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW khususnya di malam atau hari Jumat. Bagi yang membaca surah ini akan mendapat ganjaran pahala yang besar.

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi:
1. Dosa-dosa diampuni Allah.
Dalam satu hadis Nabi dari Abu Sa'id Al-Khudri RA, dan dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

2. Disinari Cahaya.
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi). Dalam hadis lain, Nabi SAW besabda: "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (HR. Ad-Darimi)

3. Dipelihara dari Fitnah Dajjal.

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya." (HR Dailami).

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi SAW bersabda: "Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi." Redaksi lain menyebutkan: "Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat Al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal." (HR Muslim)

Hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (Dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (Dajjal)." (HR. Abu Daud).

Demikian fadhilah dan keutamaan surah Al-Kahfi. Surah ini disunnahkan dibaca dan ditadaburi pada malam atau hari Jumat. Selamat mengamalkan!
(rhs)
cover top ayah
يٰمَعۡشَرَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ اِنِ اسۡتَطَعۡتُمۡ اَنۡ تَنۡفُذُوۡا مِنۡ اَقۡطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ فَانْفُذُوۡا‌ؕ لَا تَنۡفُذُوۡنَ اِلَّا بِسُلۡطٰنٍ‌ۚ
Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah).

(QS. Ar-Rahman:33)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak