alexametrics

Keutamaan Surah Al-Mulk Pelindung dari Siksa Kubur

loading...
Keutamaan Surah Al-Mulk Pelindung dari Siksa Kubur
Surah Al-Mulk (kerajaan) adalah surah ke-67 yang agung dalam Alqur'an. Foto/Istimewa
Surah Al-Mulk (kerajaan) adalah salah satu surah yang agung dalam Alqur'an. Surah ke 67 ini terdiri dari 30 ayat dan masuk dalam golongan surah Makkiyah karena diturunkan di Makkah.

Rasulullah SAW menyebutkan tentang keutamaan Surah Al-Mulk ini di antaranya, menjaga dan memelihara pembacanya dari azab kubur. Adapun kandungan surah ini menjelaskan kekuasaan Allah meliputi segala yang di langit dan bumi. Surah ini juga menjelaskan ancaman kepada orang kafir dan janji kepada kaum mu'min.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, "Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas kuburan dan ia tidak tahu bahwa tempat itu adalah kuburan, ia membaca surah Al-Mulk, kemudian ia mendengar suara teriakan dari kuburan itu: Inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian kejadian itu diceriterakan kepada Rasulullah SAW. Lalu beliau bersabda: Surat Al-Mulk dapat menyelamatkan penghuni kubur dari azab kubur." (Ad-Da'awat Ar-Rawandi)



Kandungan Surah Al-Mulk:
1. Menjelaskan hakikat hidup dan mati sebagai ujian bagi manusia.
2. Kekuasaan Allah menciptakan langit berlapis-lapis dan semua ciptaan-Nya mempunyai keseimbangan.
3. Perintah Allah untuk memperhatikan isi alam semesta.
4. Peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya mereka yang bersyukur atas nikmat Allah Ta'ala.

Keutamaan Surah Al-Mulk


1. Syafa'at (penolong) Bagi Pembacanya.

Rasulullah SAW bersabda:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ سُوْرَةً فِى الْقُرْآنِ ثَلاَثِيْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا غُفِرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ».أخرجه الإمام أحمد وأصحاب السنن الأربعة ، وقال الترمذي : هذا حديث حسن.
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW: "Sungguh surah di dalam Alqur'an yang ayatnya ada 30 dapat memberikan syafaat untuk yang membacanya, ia diampuni, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku." (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Timidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

2. Penyelamat dari Siksa Kubur.
Rasulullah SAW bersabda:
عن ابن عباس في تسمية سورة الملك بالواقية والمنجية قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : «هي المانعة هي المنجية تنجيه من عذاب القبر».أخرجه الترمذي
Dari Ibnu Abbas tentang penamaan surah Al-Mulk dengan nama Al-Waqiyah dan Al-Munjiyat, Rasulullah SAW bersabda, "Surah Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur." (HR. At-Tirmidzi).

3. Memperoleh Banyak Manfaat dan Kebaikan.
Imam Muhammad Al-Baqir berkata: "Surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam Taurat. Barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya dalam salat sunnah sesudah Isya dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada siang dan malam. Barangsiapa yang membacanya, maka ketika malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini berpijak padaku lalu ia membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam. Ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: Kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya. Lisannya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku." (Al-Kafi 2/233)

Demikian fadhillah surah Al-Mulk yang luar biasa. Kita dianjurkan membaca surat ini dengan istiqomah baik selepas Subuh dan selepas Maghrib. Ada juga ulama menganjurkan dibaca sebelum tidur. Mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya.
(rhs)
cover top ayah
وَزَكَرِيَّاۤ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرۡنِىۡ فَرۡدًا وَّاَنۡتَ خَيۡرُ الۡوٰرِثِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik."

(QS. Al-Anbiya:89)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak