alexametrics

Doa Agar Tidak Galau dan Berlindung dari Kesedihan

loading...
Doa Agar Tidak Galau dan Berlindung dari Kesedihan
Inilah doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar terlindung dari kesedihan dan keburukan lainnya. Foto Ilustrasi/Istimewa
Setiap manusia pasti pernah merasakan galau, sedih, cemas dan gundah gulana. Perasaan semacam ini adalah lumrah sebagaimana Alqur'an mengabarkan bahwa manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.' (QS. Al-Ma'arij: 19).

Betapa lemahnya manusia dari sisi fisik maupun melawan hawa nafsu yang buruk sehingga butuh pertolongan Dzat Yang Maha Kuasa, Allah 'Azza wa Jalla. Bagi muslim yang beriman, ia tidak akan mengandalkan usaha dan akalnya melainkan berharap hanya kepada Allah Ta'ala.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) mengajarkan hikmah dan memberi tips kepada umatnya dalam menghadapi ujian hidup. Salah satunya mengajarkan doa ketika seseorang dilanda kesedihan, lemah, malas hingga doa berlindung dari segala keburukan. Berikut Doanya:



1. Doa Ini Selalu Dibaca Nabi SAW.
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ ابْنِ فُضَيْلٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَوَاتٌ لَا يَدَعُهُنَّ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Artinya:
Telah mengabarkan kepada kami Ali Ibnul Mundzir dari Ibnu Fudlail ia berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Al Minhal bin 'Amru dari Anas bin Malik ia berkata; "Rasulullah SAW mempunyai doa-doa yang tidak pernah lupa untuk membacanya, beliau selalu membaca: ALLAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZNI WAL 'AJZI WAL KASALI WA BUKHLI, WAL JUBNI WA GHALABATIR RIJAL (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kebakhilan, sifat pengecut dan penindasan para penguasa)." (Hadis Sunan An-Nasa'i No.5354)

2. Doa Rasulullah ketika Ditimpa Kesusahan yang Berat.
لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Artinya:
Tidak ada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Agung, Maha Penyantun, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Penguasa 'Arsy Yang Agung, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi serta Rabb 'Arsy Yang Mulia. (Shahih Al-Bukhari No.6346 )

3. Doa Agar Diperbaiki Semua Urusan.
اللهُمَّ رحْمتَك أرجُو، فلا تكلْنِي إلى نَفْسي طرْفَةَ عَينٍ، وأصلحْ لي شأنيكُلَّهُ، لا إلهَ إلا أنتَ

Artinya:
Ya Allah ya Rabbku, aku berharap Rahmat-Mu, janganlah Engkau serahkan urusanku kepada diriku sendiri, janganlah Engkau berpaling dari ku walaupun hanya sekejap mata, perbaikilah semua urusanku, tidak ada Rabb yang berhak disembah melainkan Engkau semata. (Sunan Abu Dawud No.5090)
(rhs)
cover top ayah
اَمۡ اَمِنۡتُمۡ مَّنۡ فِى السَّمَآءِ اَنۡ يُّرۡسِلَ عَلَيۡكُمۡ حَاصِبًا‌ ؕ فَسَتَعۡلَمُوۡنَ كَيۡفَ نَذِيۡرِ
Atau sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku.

(QS. Al-Mulk:17)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak