alexametrics

6 Perkara yang Dapat Menggerogoti Amal-amal Baik

loading...
6 Perkara yang Dapat Menggerogoti Amal-amal Baik
Pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan, Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/Istimewa
Allah 'Azza wa Jalla menciptakan manusia untuk menyembah dan beribadah kepada-Nya. Dia menciptakan mati dan hidup, untuk menguji manusia, siapa yang lebih baik amalnya.

Dalam menjalankan syariat-Nya, Allah mengutus Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) sebagai panutan dan teladan umat manusia. Sebuah keniscayaan, setiap insan wajib tunduk kepada Alqur'an dan sunnah.

Semua amalan yang baik akan sampai kepada Allah Ta'ala manakala seorang hamba mengerjakannya sesuai petunjuk Qur'an dan sunnah (ittiba'). Kemudian dibarengi dengan sifat ikhlas dengan tujuan hanya mengharap ridha Allah.



Namun, ada beberapa perkara yang dapat menggerogoti amalan-amalan baik. Pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan, Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun menjelaskan ada 6 perkara yang harus dijauhi demi menjaga kemurnian amalan. Enam perkara tersebut antara lain:

1. الإشتغال بعيوب الخلق
Al Istighlal bi'uyubil kholqi.

Artinya sibuk dengan aib orang lain, sehingga lupa pada aib sendiri. Semut di seberang kelihatan sedang gajah dipelupuk mata tidak kelihatan.

2. قسوة القلوب
Qaswatul qulub.

Artinya hati yang keras. Kerasnya hati terkadang lebih keras dari batu karang. Sulit menerima nasihat.

3. حب الدنيا
Hubbud-dunya.

Artinya cinta dunia. Merasa hidupnya hanya di dunia saja. Segala aktifitasnya tertuju pada kenikmatan dunia sehingga lupa akan hari esok di akhirat.

4. قلة الحياء
Qillatul haya'.

Artinya sedikit rasa malunya. Apabila seseorang telah kehilangan rasa malu maka akan melakukan apa saja tanpa takut dosa.

5. طول الامل
Thulul amal.

Artinya panjang angan-angan. Merasa hidupnya masih lama di dunia ini sehingga enggan untuk taubat.

6. ظلم لا ينتهي
Dzhulmun la yantahi.

Artinya kezhaliman yang tak pernah berhenti. Perbuatan maksiat itu biasanya membuat kecanduan bagi pelakunya jika tidak segera taubat dan berhenti maka sulit untuk meninggalkan kemaksiatan tersebut.

Mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari enam perkara ini sehingga tetap istiqamah dalam ketakwaan. Allahu A'lam Bisshowab
(rhs)
cover top ayah
اَللّٰهُ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ الۡكِتٰبَ بِالۡحَقِّ وَالۡمِيۡزَانَ‌ؕ وَمَا يُدۡرِيۡكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيۡبٌ
Allah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) dengan (membawa) kebenaran dan neraca (keadilan). Dan tahukah kamu, boleh jadi hari Kiamat itu sudah dekat?

(QS. Asy-Syura:17)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak