Jadilah Calon Istri yang Sesuai Panduan Rasulullah

Senin, 31 Agustus 2020 - 16:41 WIB
loading...
A A A
Keutamaan perempuan yang penyayang melebihi kecantikan, kekayaan dan keturunan , bahwa sifat istri yang penyayang termasuk sebab terbesar kelanggengan rumah tangga. Ini karena seorang wanita yang memiliki sifat tersebut akan nampak dalam sikap dan prilakunya terhadap suami, dan inilah wanita penghuni surga.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

أَلا أُخْبِرُكُمْ بِنِسَائِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ؟ قَالُوا : بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ ، قَالَ : كُلُّ وَدُود وَلُود ، إِذَا غَضِبَتْ أَوْ أُسِيءَ إِلَيْهَا أَوْ غَضِبَ زَوْجُهَا ، قَالَتْ: هَذِهِ يَدِي فِي يَدِكَ لا أَكْتَحِلُ بِغُمْضٍ حَتَّى تَرْضَى

“Maukah kalian aku kabarkan tentang istri-istri kalian di surga? Para sahabat berkata: Tentu wahai Rasulullah. Beliau bersabda: Setiap istri yang penyayang lagi peranak, apabila ia marah atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata: Ini tanganku di tanganmu, aku tidak akan bisa terpejam sampai engkau ridha.” (HR. Ath-Thabrani).

(Baca juga : Langkah Pemerintah Jaga Pangan Didukung oleh Ketersediaan Pupuk )

Al-Hafizh Al-Munawi rahimahullah berkata :

المتحببة لزوجها بنحو تلطف في الخطاب وكثرة خدمة وأدب وبشاشة

“Wanita yang penyayang adalah yang menampakkan cinta kepada suaminya; seperti dengan kelembutan dalam berbicara, banyak membantu, beradab dan selalu ceria serta ramah (kepada suaminya).” (Kitab Faidhul Qodir)

Begitulah Islam mengatur bagaimana cara agar calon suami memilih perempuan yang saleha. Untuk bisa mewujudkan pernikahan yang sakinah mawadah warahmah baik istri maupun suami memiliki kewajibannya masing-masing.

(Baca juga : Kemendikbud Tekankan Pentingnya Penguatan Karakter Pancasila pada Pelajar )

slam memiliki pandangan tersendiri tentang bagaimana sebenarnya keluarga sakinah dalam Islam itu. Salah satu kuncinya adalah seorang istri yang saleha. Seorang istri menjadi istri yang saleha menjadi impian dan juga kewajiban yang harus dilakukan.

Dan, untuk bisa menjadi istri yang salehah selalu bersyukur dan berterimakasih akan apa yang diberikan oleh suami. Meskipun yang diberikan terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sebagai istri harus pandai-pandai untuk bersyukur. Hal ini juga akan membawa keluarga dalam sebuah keluarga harmonis menurut Islam.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)