alexametrics

Virus Wuhan Ditakuti, Penyakit Wahn 'Dicintai'

loading...
Virus Wuhan Ditakuti, Penyakit Wahn Dicintai
Pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan, Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/Istimewa
Ulama yang juga pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun, memberi pandangan terkait virus Corona mematikan dari Wuhan, China. Menurutnya, Wuhan dan Wahn, sekilas tampak tak beda jauh, namun penuh makna apabila direnungi sesaat.

Melihat pemberitaan belakangan ini, Wuhan dikabarkan sebuah kota metropolitan di China, cermin peradaban baru dengan 11 juta penduduk dan pembangunan yang luar biasa. Saat ini berubah bak kota mati, karena terindikasi kuat menjadi awal sekaligus menjadi pusat penyebaran virus Corona yang mematikan ke seluruh penjuru dunia. Informasi terbaru katanya orang takut masuk Kota Wuhan, dan penduduknya mulai terisolasi hidup penuh kekhawatiran.

Kata Habib Quraisy, selain virus Wuhan ada satu penyakit yang sangat 'mematikan' yaitu penyakit Wahn. Wahn adalah penyakit hubbud dunya wa karohiyatul maut (cinta dunia dan takut mati). Wahn cermin orientasi hidup manusia masa kini yang praktis seluruh fokus hidupnya tertuju pada dunia.



Penyakit inilah yang paling ditakutkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) yang akan menghancurkan umat dan peradabannya dari dalam. Kemudian menggerogoti hati manusia hingga menjelma tak ubahnya seperti robot, tampak hidup tapi kosong tanpa makna. Secara kuantitas banyak tapi kualitasnya tak berarti bak buih di lautan.

"Corona penyakit yang mematikan fisik manusia, Wahn penyakit yang mematikan hati manusia. Corona dari luar, wahn dari dalam. Corona nampak jelas, sedangkan wahn tak kasat mata. Corona ditakuti, wahn tak disadari. Corona Wuhan dibenci, Wahn 'dicintai'," terang Habib Quraisy.

Dari Wuhan kita disadarkan, ada penyakit menular yang berbahaya, secara kasat mata akan membuat pengidapnya menderita, menular, mengancam semua harta benda dan karir anda, bahkan dapat membuat anda mati.

Jagalah kondisi diri anda, perkuat daya tahan tubuh, sebisa mungkin hindari kontak dengan suspect dan risiko virus Corona. Dari Wuhan (semoga) kita juga disadarkan, ada penyakit yang jauh lebih berbahaya, yang sayangnya tak nampak tapi akan menghancurkan jiwa anda, menular, dan mengancam masa depan abadi manusia selama-lamanya.

Habib Quraisy mengajak umat Islam agar menjaga hati. Jadikan hati lembut dengan perbanyak amalan dan zikir. "Jangan gara-gara Corona kita melupakan Wahn. Sebab, tanpa kita sadari justru kita semakin mencintai dunia dan takut mati, yang akan membangkitkan penyakit wahn dari dalam. Na'udzubillah min dzalik," jelasnya.

Semoga tubuh kita dijauhkan dari segala penyakit fisik. Semoga hati kita dijauhkan dari segala penyakit jiwa. Aamiin Allahumma Aamiin
(rhs)
cover top ayah
كَلَّا لَٮِٕنۡ لَّمۡ يَنۡتَهِ ۙ لَنَسۡفَعًۢا بِالنَّاصِيَةِۙ
Sekali-kali tidak! Sungguh, jika dia tidak berhenti berbuat demikian niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, ke dalam neraka.

(QS. Al-'Alaq:15)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak