alexametrics

17 Dosa Besar yang Harus Diketahui Umat Islam

loading...
17 Dosa Besar yang Harus Diketahui Umat Islam
Siapa yang melakukan dosa besar maka wajib baginya untuk melakukan taubat nasuha. Foto Ilustrasi/Istimewa
Secara garis besar, dosa terbagi dalam tiga kelompok yaitu, dosa besar yang tidak terampuni, dosa besar yang masih bisa diampuni, dan dosa kecil yang terhapus karena mengerjakan amal saleh. Sedangkan menurut Al-Qur'an, dosa terbagi dua yaitu, dosa besar (kabair) dan dosa kecil.

Secara terminologi, dosa adalah segala sesuatu yang bertentangan dengan perintah Allah Ta'ala atau pelanggaran terhadap ketentuan-Nya. Para ulama mengatakan, ada 17 kata disebutkan oleh Al-Qur'an mengenai dosa.

17 dosa besar ini sejalan dengan apa yang dikemukakan Abu Thalib Al-Makki sebagaimana disalin dari library.walisongo. Beliau menyimpulkannya dari berbagai hadis Nabi Muhammad SAW. Berikut rinciannya:



Empat Dosa Letaknya Hati, yaitu:
1. Syirik.
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (Surah An-Nisa': 48)

2. Senantiasa Bermaksiat kepada Allah.
"Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan." (Surah An-Nisa': 14)

3. Merasa Aman dari Azab Allah.
"Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi." (Surah Al-A'raf: 99)

4. Berputus Asa dari Rahmat Allah.
"Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (Surah Yusuf: 87)

Empat Dosa Tempatnya di Lidah, yaitu:
5. Memberi Saksi Palsu.
"Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui dengan menjaga kehormatan dirinya." (Surah Al-Furqan: 72).

6. Menuduh Perempuan Beriman Berbuat Zina.
"Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman, mereka kena laknat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar, pada hari, lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (Surah An-Nur: 23-24).

7. Bersumpah Palsu.
"Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih." (Surah Ali Imran: 77)

8. Berkata Bohong.
"Dan seorang laki-laki yang beriman di antara pengikut-pengikut Fir'aun yang menyembunyikan imannya berkata Tuhanmu. Dan jika ia seorang pendusta maka dialah yang menanggung dustanya itu; dan jika ia seorang yang benar niscaya sebagian yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta." (Surah Al-Mukmin: 28)

Tiga Dosa Letaknya di Perut, yaitu:
9. Minum khamar dan minuman keras.
10. Memakan harta anak yatim.
11. Memakan harta riba.

Dua Dosa di Kemaluan, yaitu:
12. Berzina.
13. Homoseksual.

Dua Dosa Letaknya di Tangan, yaitu:
14. Melakukan pembunuhan.
15. Melakukan pencurian.

Satu Dosa di Kaki, yaitu:
16. Lari dari peperangan.

Satu Dosa di Seluruh Badan, yaitu;
17. Tidak menghormati kedua ibu bapak (durhaka kepada orangtua).

Untuk menghapus semua dosa-dosa tersebut, Allah dan Rasul-Nya memberikan petunjuk. Adapun dosa kecil bisa dihilangkan dengan memohon ampun dan mengerjakan amal-amal saleh seperti salat berjamaah 5 waktu, berpuasa, baca Al-Qur'an, menghadiri majelis ta'lim, bersedekah, dan amalan baik lainnya. Sedangkan dosa besar baru bisa hilang apabila pelakunya melakukan taubat nasuha dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Allah Ta'ala berfirman: "Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahan (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)." (Surah An-Nisa ayat 31).

Wallahu A'lam Bish-Showab
(rhs)
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اصۡبِرُوۡا وَصَابِرُوۡا وَرَابِطُوۡا وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

(QS. Ali 'Imran:200)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak