Infak di Jalan Allah Diganjar Pahala Berlipat Hingga 700 Kali

loading...
Riwayat hadis di atas juga menguatkan keutamaan berinfak sedekahsebagaimana yang Allah firmankan dalam Surah Al-Baqarah Ayat 261: "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Dalam bersedekah, kata Ustaz Rikza, meskipun terkesan seseorang mengeluarkan harta dan oleh karenanya hartanya menjadi berkurang, akan tetapi sesungguhnya dengan bersedekah harta seseorang tidak akan pernah berkurang, bahkan justru akan semakin berkah dan bertambah. Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sedekah itu tidak akan pernah mengurangi harta. Dan Tidaklah seseorang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah, melainkan niscaya Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Muslim).

"Sedekah (termasuk di dalamnya zakat, infak) adalah merupakan salah satu pilar utama dalam sistem ekonomi syariah. Apabila zakat infak dan sedekah tumbuh dan berkembang dengan baik, insya Allah ekonomi syariah akan tumbuh dan dengan sendirinya mengalahkan sistem ekonomi ribawi," kata Ustaz Rikza.

Oleh karenanya, membangun ekonomi syariah tidak bisa lepas dari membangun dan menumbuh kembangkan zakat infak dan sedekah. Allah berfirman: "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (QS. Al-Baqarah: 276). (Baca Juga: Sedekah yang Dikehendaki dan Diutamakan oleh Allah dan Rasul-Nya)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
halaman ke-2 dari 2
cover top ayah
وَاتَّخَذُوۡا مِنۡ دُوۡنِهٖۤ اٰلِهَةً لَّا يَخۡلُقُوۡنَ شَيۡـًٔـا وَّهُمۡ يُخۡلَقُوۡنَ وَلَا يَمۡلِكُوۡنَ لِاَنۡفُسِهِمۡ ضَرًّا وَّلَا نَفۡعًا وَّلَا يَمۡلِكُوۡنَ مَوۡتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوۡرًا‏
Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah untuk disembah, padahal mereka tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan oleh manusia, dan tidak kuasa untuk menolak bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat mendatangkan manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan, dan tidak pula membangkitkan.

(QS. Al-Furqan:3)
cover bottom ayah
preload video