Sabar dalam Kondisi Mampu Menurut Pandangan Ibnu Taimiyah

loading...
Sesungguhnya Allah Ta'ala memerintahkan Nabi-Nya untuk menolak, memaafkan dan bersabar dengan cara yang baik. Menolak dengan cara yang baik adalah tidak menyakitkan. Memaafkan dengan cara yang baik adalah memaafkan tanpa celaan. Sabar yang baik adalah sabar tanpa keluhan.

Seperti ditegaskan dalam firman Allah Ta'ala :

قَالَ إِنَّمَآ أَشْكُوا۟ بَثِّى وَحُزْنِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَأَعْلَمُ مِنَ ٱللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

"Ya'qub Alaihissalam berkata, "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." [QS Yusuf: 86]

dan firman Allah Ta'ala :
"... maka hanya bersabar itulah yang baik (bagiku). Dan kepada Allah saja memohon pertolongan-NYa terhadapapa yang kamu ceritakan." [QS Yusuf: 18]

Baca juga :Penyair Cerdas Ibunda Para Syuhada)

Mengadu kepada Allah tidak bertentangan dengan sabar yang baik. Diriwayatkan dari Musa Alaihissalam bahwa beliau pernah berkata, "Ya Allah, milik-Mu segala pujian, kepada Engkaulah tempat mengadu. Engkaulah yang Maha Pemberi pertolongan, dan kepada-Mulah tempat memohon bantuan dan hanya kepada-Mulah tempat bertawakal."

Dan di antara Doa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam:

"Ya Allah, kepada-Mu aku mengadukan lemahnya kekuatanku, minimya kemampuanku, kehinaanku di hadapan manusia. Engkau adalah Rabb orang-orang lemah dan Engkau adalah Rabbku, kepada siapakah Engkau menyerahkanku? Spakah kepada orang jauh yang menerimaku? ataukah kepada musuh yang Engkau kuasakan urusanku kepadanya? Jika Engkau tidak marah kepadaku maka aku tidak peduli karena maaf-Mu lebih luas bagiku, aku berlindung diri dengan cahaya wajah-Mu yang dengannya Engkau menerangi yang gelap, dan padanya akan baik urusan dunia dan akhirat agar murka-Mu tidak turun padaku, atau marah-Ku menimpaku, milik-Mulah segala akibat hingga Engkau ridha." (HR Ath-Thabrani, Ibnu Adi dan Ibnu Asakir)

(Baca juga :Umat Islam Pertanyakan Kehalalan Vaksin COVID-19, China Dekati Arab Saudi)
halaman ke-2 dari 5
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعۡنَا مُنَادِيًا يُّنَادِىۡ لِلۡاِيۡمَانِ اَنۡ اٰمِنُوۡا بِرَبِّكُمۡ فَاٰمَنَّا  ۖرَبَّنَا فَاغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوۡبَنَا وَكَفِّرۡ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الۡاَبۡرَارِ‌ۚ
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.

(QS. Ali 'Imran:193)
cover bottom ayah
preload video