14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain

Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:31 WIB
loading...
14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain
Allah Taala memberi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam kelebihan sebagai tanda kebesaran-Nya dan bukti kenabian serta kekhususan beliau dari umat manusia. Foto/dok SINDOnews
A A A
Ali Musthafa Siregar
Anggota Pendidikan Asosiasi Mahasiswa Indonesia Yaman,
Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Ahgaff Yaman

Manusia yang tidak seperti manusia biasa (basyarun laa kal-basyar), siapa lagi kalau bukan Sang Pembawa Risalah, yaitu Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun di dunia.

Allah Ta'ala memberi beliau kelebihan sebagai tanda kebesaran-Nya dan bukti kenabian Muhammad صلى الله عليه وسلم serta kekhususan beliau dari umat manusia. Meskipun memiliki mukjizat dan kelebihan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak pernah menyombongkan diri. (Baca Juga: 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui)

قُلْ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ ۖ

"Katakanlah: 'Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: 'Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa..." (Surah Al Kahfi: Ayat 110).

Kelebihan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dilihat dari dua sisi yaitu kelebihandari sisi fisik dan kelebihan mukjizat yang dimilikinya. Berikut beberapa keistimewaan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم:

1. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dapat melihat ke belakang sebagaimana beliau melihat ke depan.
2. Ketiak beliau berwarna putih dan tak ada rambutnya.
3. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak pernah menguap.
4. Keringatnya lebih harum dari minyak wangi yang ada di dunia.
5. Tingginya sedang. Akan tetapi jika Nabi berjalan bersama orang-orang yang tinggi, Nabi terlihat lebih tinggi, dan apabila duduk di suatu majelis, bahu beliau lebih tinggi.
6. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak memiliki bayangan. Beliau adalah Nur (cahaya). Oleh karena itu, ketika matahari atau bulan menyinarinya, tidak ada bayangan yang muncul di bawah kakinya.
7. Jasad beliau yang mulia tidak pernah dihinggapi lalat.
8. Darah beliau barokah. Sahabat Abdullah bin Zubair radhiallahu 'anhu pernah meminum darahnya dan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم berkata, "Sungguh engkau telah menjaga dirimu dari api neraka."
9. Kedua matanya tertidur, tetapi hati beliau tidak demikian.
10. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak pernah bermimpi basah, karena mimpi basah adalah perbuatan setan.
11. Urine (air seni) Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم barokah. Ketika wadah tempat air seni beliau letakkan di satu tempat, sahabat mulia Ummu Aiman RA melihatnya dan meminumnya tanpa tahu sebelumnya itu apa. Ketika Nabi mengetahui itu, beliau berkata: "Perutmu tidak akan disentuh api neraka dan tidak akan pernah sakit selama-lamanya."
12. Semua kotoran beliau ditelan bumi, tak sedikitpun yang tertinggal.
13. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dilahirkan sudah dalam keadaan dikhitan.
14. Rambut beliau membawa berkah. Sahabat Khalid bin Walid radhiallahu 'anhu tak pernah kalah di medan tempur. Di setiap perang, Khalid selalu membawa rambut Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Rambut beliau juga dijadikan sebagai obat bagi orang sakit.

( )

Mukjizat Nabi Muhammad
Jumlah mukjizat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم selama hidup beliau terhitung sebanyak seribu hingga tiga ribu. Berikut beberapa mukjizatbeliau صلى الله عليه وسلم sebagai Nabi yang paling dicintai Allah Ta'ala:

1. Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم
2. Ratapan tangis sebuah pohon kayuyang biasa digunakan Nabi untuk berkhutbah. Ketika pohon kayu itu diganti dengan mimbar, pohon kayu itu menangis karena sangat merindukan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.
3. Berbicaranya seekor unta dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan menceritakan apa yang diperbuat oleh pemiliknya terhadapnya.
4. Keluarnya air dari sela-sela jari beliau. Sebanyak 500 sahabat meminumnya dan berwudhu darinya.
5. Mengembalikan mata sahabat yang telah tercongkel, kembali seperti semula.
6. Bertasbihnya sebuah makanan ketika berada di tangan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.
7. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dapat membelah bulan.
8. Isra' dan mikraj yang dilampaui oleh Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم hanya dengan waktu yang begitu singkat.

Imam Syafi'i berkata: "TidaklahAllah memberikan mukjizat kepada para Nabi melainkan Allah juga memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dengan mukjizat yang sama atau lebih besar daripada mukjizat daripara Nabi yang lain".

Demikian ulasan tentang keistimewaan manusia mulia Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Semoga kita diberikan taufik agar semakin mencintai beliau dan dapat meneladani akhkak serta menghidupkan sunnahnya. Aamiiin. ( )

Referensi:
1. Kitab Mafaahiiim Yajibu An Tushohhah karya dari Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki
2. Kitab asy-Syarh al-qowiim Fii Halli al-Faadz asy-Syiroot al-Mustaqiim karya dari Syaikh Abdulloh al-Harary

Wallahu A'lam
14 Keistimewaan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia Lain
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)