Inilah Penyebab Hati Tidak Merasakan Manisnya Iman

loading...
Inilah Penyebab Hati Tidak Merasakan Manisnya Iman
Orang yang bisa merasakan manisnya iman, dia akan menjadi orang yang selalu bahagia. Foto ilustrasi/ist
Hati yang bersih, membuat kita bisa merasakan manisnya iman. Iman harus selalu menyertai, sebab kalau iman ini tidak ada, maka kita menjadi orang yang tidak beriman. Sehingga orang yang bisa merasakan manisnya iman, dia akan menjadi orang yang bahagia selalu. Dan orang yang bisa merasakan manisnya iman adalah orang yang hatinya bersih.

(Baca juga :Mengenakan Pakaian Populer, Makruh atau Haram?)

Sebaliknya, hati yang kotor maka sudah pasti kita pun tak akan merasakan manisnya iman itu. Kenapa hati kita kotor dan apa penyebabnya? Menurut Ustadz DR. Musyaffa Ad-Dariny, hati bisa menjadi kotor karena dua sebab. Penyebab pertama dari hati kotor itu adalah kotoran dosadan sebab yang kedua adalah kotoran penyakit hati.

(Baca juga :Bolehkah Seorang Istri Menunda Kehamilan?)



Kotoran hati ini bisa menjadikan hati kita tertutup. Sehingga hati tersebut tidak bisa merasakan manisnya iman. Tidak bisa merasakan kebahagiaandalam menjalani agama Allah subhanahu wa ta’ala. Padahal hati yang bersih adalah penentu baiknya seseorang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ



“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah jantung(hati)” (HR. Bukhari dan Muslim).
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اِنَّا خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّطۡفَةٍ اَمۡشَاجٍۖ نَّبۡتَلِيۡهِ فَجَعَلۡنٰهُ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا
Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

(QS. Al-Insan:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video