Shafiyah yang Terpelajar, Penyabar dan Lemah Lembut

Senin, 02 November 2020 - 13:05 WIB
loading...
A A A
(Baca juga : 2021, Ridwan Kamil Wajibkan Kendaraan Dinas Diganti Mobil-Motor Listrik )

Shafiyah amat tertarik dengan ajaran yang disampaikan oleh Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Beliau mencintai konsep kemanusiaan Islam dengan sempurna. Shafiyah senantiasa mematuhi semua ajaran agama dan menghormati hukum-hukum Islam dengan ikhlas. Beliau menjadi seorang Yahudi yang beriman kepada Allah Ta'ala dan berbangga karena memeluk agama Islam yang suci dan benar.

Seperti Ummul Mukminin yang lain, Shafiyah juga adalah gudang ilmu. Mereka yang mencari ilmu biasa berkumpul di rumah beliau untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Sepulang menunaikan haji, rumah Shafiyah ramai dikunjungi wanita dari jauh seperti Kufah untuk bertanya pelbagai soalan kepada beliau. Shafiyah menjawab dengan tepat dan berkesan setiap persoalan yang diutarakan.

Terdapat sejumlah hadis yang diriwayatkan oleh Shafiyah. Imam-imam yang terkenal mengambil hadis dari beliau. Diantaranya Muslim bin Safuan, Yazid bin Makhtab, Ishaq bin Abdullah dan masih banyak lagi. Abdul Birr pernah berkata: “Shafiyah adalah seorang wanita yang bijaksana, berpengetahuan dan lemah lembut.”

(Baca juga : Ini Cara Kemendikbud Tumbuhkan Kecintaan Anak Muda tentang Sejarah Kemerdekaan )

Shafiyah telah menghembuskan nafas terakhir pada tahun 50 Hijrah ketika usianya mencapai 60 tahun. Beliau dimakamkan di Baqi’. Shafiyah radhiyallahu'anha memiliki banyak sifat terpuji. Beliau pintar, terpelajar dan lemah lembut. Sifat penyabar dan lemah lembut menjadikan diri beliau pribadi Muslimah yang unggul.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0689 seconds (0.1#10.140)