Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan

Jum'at, 06 November 2020 - 18:06 WIB
loading...
A A A
(Baca juga : Ngeri, UMKM Benar-benar Mati Suri Dihajar Corona )

Imam Nawawi mengatakan bahwa siwak disunnahkan setiap waktu, tetapi lebih dianjurkan lagi pada lima waktu berikut, di antaranya adalah saat hendak salat, berwudhu, membaca Al-Qur'an, bangun tidur dan saat terjadi perubahan bau mulut akibat makan, puasa, bicara atau hal lainnya.

4. Memotong kuku

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Washil yang menuturkan, "Aku pernah berjumpa dengan Abu Ayyub Al-Anshari dan ia menyalamiku. Saat melihat kuku-kuku yang panjang, ia langsung berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda,

'Salah seorang dari kalian akan ditanya mengenai kabar langit karena ia membiarkan kuku-kukunya (memanjang) seperti kuku-kuku burung hingga menggumpal di dalamnya bekas-bekas junub, benda-benda busuk dan daki kotoran."

(Baca juga : Merapi Status Siaga, 10 Penambangan di Sungai Gendol Ditutup )

Salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah adalah memotong kuku di hari Jumat. Memotong kuku dapat menghindari kita dari penumpukan kotoran di dalam kuku, menyakiti orang lain saat berinteraksi dengan orang lain dan terhindar dari kesan menjijikan.

5. Khitan

Tentang khitan untuk perempuan, memang terdapat perbedaan pendapat. Beberapa ulama tidak mewajibkan, namun Imam Syafi'i mewajibkannya. Sebagaimana penuturan di bawah ini:

An-Nawawi salah satu ulama dalam mazhab Asy-Syafi'iyah di dalam kitabnya Minhaj At-Thalibin wa Umdatu Al-Muftiin fi Al-Fiqh menuliskan sebagai berikut:

"Wajib bagi perempuan berkhitan, dengan memotong sebagian daging kecil yang berada di bagian atas kemaluan, dan bagi laki-laki dengan menghilangkan sebagian kulit penutup bagian depan dari kemaluan, dan disunnahkan bagi laki-laki untuk menyegerakan khitan di umur tujuh
tahun."

(Baca juga : AS Akan Jual 18 Drone MQ-9B Reaper ke UEA )

6. Merawat rambut

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang memiliki rambut, hendaklah ia memuliakannya." (HR. Abu Daud).

Seringkali kita mendengar bahwa rambut perempuan adalah mahkota. Oleh karena itu, perempuan sangat dianjurkan untuk menjaga dan dan memuliakannya.

Salah satu cara untuk memuliakannya adalah dengan selalu menjaga kebersihan rambut dan kesehatannya. Seperti melakukan creambath, keramas, hingga memberi vitamin pada rambut.

Hal ini sangat penting bagi muslimah, jangan sampai karena memakai hijab jadi mengabaikan keindahan dan kebersihan rambut hingga bisa menimbulkan bau dan mengganggu orang lain. Niatkanlah untuk merawat pemberian dari Allah dan menjalankan sunnah Rasulullah.

(Baca juga : Sejarah Petamburan, Tempat Remaja Habib Rizieq yang Jadi Markas FPI )

Demikianlah, beberapa sunnah yang dianjurkan untuk muslimah, agar senantiasa menjaga dan merawat kecantikan diri dan jasmaninya.

Wallahu A'lam
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)