KH Ma'ruf Amin: Nuzulul Qur'an dan Perjuangan Melawan Covid-19

Minggu, 10 Mei 2020 - 09:19 WIB
loading...
KH Maruf Amin: Nuzulul Quran dan Perjuangan Melawan Covid-19
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin. Foto/Abdul Rochim
A A A
Ayyamul maghfirah (hari-hari turunnya ampunan Allah) dan Nuzulul Qur’an (turunnya Al-Qur'an) menjadi momentum penting di periode 10 hari kedua Ramadhan .

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menuturkan, berkat rahmat Allah Ta'ala, umat Islam di Indonesia masih istiqamah menjalankan ritual ibadah Ramadhan di hari bersejarah Nuzulul Qur'an dalam situasi yang tidak normal. Karena puasa kali ini berada di tengah "perang" menghadapi pandemik Covid-19 di seluruh dunia. ( )

"Covid-19 di tengah Ramadhan adalah ujian untuk kita semua. Karena itu, di periode 10 hari kedua yang disebut ayyamul maghfirah, momentum yang tepat untuk kita mendekatkan diri kepada Allah. Memohon ampunan atas semua dosa dan juga momen mengetuk pintu langit meminta pertolongan Allah agar kita semua diberikan kekuatan melawan pandemi Corona," kata Ma'ruf Amin dalam rekaman video tausiyah Ramadhan sepuluh hari kedua di Rumah Dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta Pusat, Jumat malam (9/5/2020).

Menurut Ma'ruf Amin, peristiwa Nuzulul Qur'an pada 17 Ramadhan yang menjadi pedoman hidup umat Islam juga bisa dijadikan momentum perjuangan melawan Covid-19. Dijelaskan, Al-Qur'an turun secara bertahap yang ditandai dengan penerimaan wahyu berupa Surah Al-A'laq ayat 1 hingga 5 di Gua Hira. Peristiwa ini terjadi pada 10 hari kedua, tepatnya 17 Ramadhan .

Turunnya Al-Qur’an ini sesuai dengan Surah Al-Anfal ayat 1, "wamaa anzalna 'alaa 'abdina yaumal furqoni yaumal talqal jam’aan:, yang artinya 'apa yang Kami turunkan kepada hamba kami (Nabi Muhammad) di hari Al- Furqan (Al-Qur'an) yaitu pada hari bertemunya dua pasukan'.

Maksud ayat ini adalah perang Badar yang terjadi antara Umat Islam dan kafir Quraisy bertepatan dengan waktu turunnya Al-Qur'an , 17 Ramadhan. Peristiwa ini dikenal dengan Nuzulul Qur'an . "Mudah-mudahan (Ramadhan) ini akan memberikan suasana yang mencerahkan. Pertama, Covid-19 juga segera berlalu dengan izin Allah, dengan banyak kita memohon ampun. Kedua, saat-saat yang baik ini, saat-saat kita harus di rumah, kita manfaatkan dengan banyak berdoa, beristighfar dan membaca Qur'an,” kata mantan Rais Aam PBNU ini.

Wapres juga meminta masyarakat memaksimalkan Ramadhan yang disebut Syahrush Shobri (bulan kesabaran) sebagai sarana melatih kesabaran menghadapi Covid-19. "Puasa mengajarkan kita untuk bersabar, makanya disebutkan As Shaumun Nisfus Shabri (puasa itu setengah dari pada kesabaran). Sabar untuk tidak makan minum, sabar untuk tidak berkata bohong (hoaks), tidak mengadu domba," ujar Kiai Ma’ruf Amin.

Wapres menerangkan, dalam keadaan seperti sekarang ini Indonesia sedang dilanda Covid-19, perilaku serta sifat sabar sangat penting diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Ada suatu yang sekarang diminta kepada kita supaya tidak keluar rumah (stay at home), supaya kita menjaga jarak, supaya kita menjaga kebersihan, supaya tidak terjadi penularan Covid," kata Wapres.

Ujian puasa sekarang kita dilatih untuk bersabar menghadapi Covid-19. Untuk memutus mata rantai Covid-19 menjalan ibadah tarawih di rumah saja. "Tidak tarawih di luar rumah. Insya Allah pahalanya berlipat ganda karena ujian kesabarannya pun berlipat," kata Kiai Ma'ruf Amin.

Wapres mengimbau agar momentum Ramadhan kali ini dapat dijadikan pengingat dan peningkat kesabaran serta keikhlasan seluruh umat Islam untuk menjaga diri dan menghindari bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga puasa yang dikerjakan tidak hanya membawa manfaat bagi seorang individu, namun juga bagi orang lain di sekitarnya.

Menutup tausiyahnya, Wapres berharap agar puasa kali ini dapat memiliki nilai tambah dari puasa-puasa sebelumnya. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus membantu Pemerintah dalam memutus tali rantai penyebaran virus Covid-19.

"Kita jadikan Ramadhan dan peristiwa Nuzulul Qur'an sebagai pijakan dalam berjuang menghadapi Covid-19. Semoga ibadah dan munajat kita membantu mempercepat proses melawan Covid-19 dengan cepat. Ikhtiar dan doa menjadi kekuatan kita saat ini," tutup Wapres. ( )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)