Amalan Sunnah! Berdoa di Pengujung Jumat Adalah Waktu Mustajab

Jum'at, 20 November 2020 - 14:50 WIB
loading...
Amalan Sunnah! Berdoa di Pengujung Jumat Adalah Waktu Mustajab
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengabarkan bahwa doa yang baik akan dikabulkan Allah selama tidak terburu-buru. Foto/dok SINDOnews
A A A
Jumat ( Yaumul Jumu'ah ) adalah hari istimewa karena Allah Ta'ala mencurahkan banyak karunia dan keberkahan di hari tersebut. Karena kemuliaannya, Jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari).

Dalam riwayat Ibnu Majjah, Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi, dijelaskan bahwa kedudukan hari Jumat lebih agung daripada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. (Baca Juga: Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan)

عن أبي لبابة بن عبد المنذر قال: قال رسول اللهصلى الله عليه وسلم: إن يوم الجمعة سيد الأيام وأعظمها عند الله من يوم الأضحى ويوم الفطر

Dari Abi Lubabah bin Abdul Mundzir, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Sesungguhnya hari Jumat adalah tuannya segala hari, dan hari yang lebih agung menurut Allah Ta'ala dari pada hari raya Idul Adha dan Idul Fitri." (HR. Ibnu Majjah, Ibnu Abi Syaibah, dan Al-Baihaqi)

Mengingat agungnya hari ini, Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan umatnya agar menghidupkan amalan-amalan sunnah. Di antaranya, mandi (membersihkan badan), bersegera menunaikan shalat Jumat, memperbanyak doa , bersedekah, membaca Surah Al-Kahfi dan memperbanyak shalawat. Dan masih banyak lagi amalan sunnah lainnya. (Baca Juga: Keutamaan Sedekah di Hari Jumat)

Waktu Mustajab
Di hari Jumat terdapat satu waktu mustajab untuk berdoa memohon kepada Allah Ta'ala. Rasulullah صلى الله عليه وسلم memberitahu waktunya dengan isyarat tangan beliau.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ : « فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda tentang hari Jumat : "Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan mengabulkan permintaannya". Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

ﻋَﻦْ ﺟَﺎﺑِﺮِ ﺑْﻦِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﻮْﻡُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺍﺛْﻨَﺘَﺎ ﻋَﺸْﺮَﺓَ ﺳَﺎﻋَﺔً ﻟَﺎ ﻳُﻮﺟَﺪُ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻋَﺒْﺪٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﺁﺗَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ ﻓَﺎﻟْﺘَﻤِﺴُﻮﻫَﺎ ﺁﺧِﺮَ ﺳَﺎﻋَﺔٍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ

"Hari Jumat adalah 12 jam. Di dalamnya terdapat satu waktu di mana tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah ia pada saat-saat terakhir setelah shalat Ashar". (HR An-Nasa'i)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengabarkan bahwa doa yang baik akan dikabulkan selama tidak terburu-buru. Akan tetapi jangan pernah mengatakan, aku telah berdoa dan tidak diterima. Demikian pesan baginda Rasulullah. Muda-mudahan doa dan segala hajat kita dikabulkan Allah di hari yang agung ini. Allahumma Aamin!

(Baca Juga: Ini Waktu Paling Mustajab Berdoa di Hari Jumat)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)