Aa Gym: 3 Syarat Supaya Menjadi Ahli Syukur dan Ikhlas

Jum'at, 27 November 2020 - 23:13 WIB
loading...
Aa Gym: 3 Syarat Supaya Menjadi Ahli Syukur dan Ikhlas
KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) ketika silaturrahim ke Pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun (kiri) beberapa waktu lalu. Foto/Ist
A A A
Manusia sering tidak menyadari bahwa limpahan karunia dari Allah selalu mengucur dalam setiap keadaan. Tanpa kita minta, karunia Allah datang setiap hari, setiap saat, setiap detik, setiap waktu yang tak mampu kita perhatikan detailnya karena kelemahan kita selaku manusia. Bahkan, seluruh makhluk tanpa terkecuali mendapatkan karunia-Nya.

"Kita sedang maksiat atau sedang taat, karunia Allah tetap terlimpah kepada kita. Kita sedang tidur atau terjaga, karunia Allah tidak pernah berhenti mengalir kepada kita. Sungguh, Allah melimpahkan karunia-Nya yang tiada terhingga kepada kita dalam setiap keadaan," kata Dai yang juga Founder Daarut Tauhiid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam bukunya yang berjudul "Ilmu Meraih Derajat Mulia di Sisi Allah".

( )

Allah Ta'ala berfirman: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)". (QS. Hud [11]: 6)

Aa Gym mengemukakan bahwa Allah melimpahkan karunia kepada seluruh makhluk setiap saat. Pada setiap bilangan waktu terkecil pasti ada karunia Allah. Manusia tidak pernah kekurangan karunia, tidak pernah kekurangan rezeki yang kurang dari kita adalah rasa syukur .

Padahal syukur adalah kunci. Orang yang merasa kurang rezeki sebenarnya karena kurang syukur. Hawa nafsu terus-menerus menuntut pemuasan, padahal kepuasan tak pernah ada ujungnya. Sedangkan syukur adalah kunci orang beriman dalam menyikapi hidup di dunia ini.

Oleh sebab itu, orang beriman senantiasa merasa cukup dengan karunia yang Allah beri. Syukur menjadi kunci hidup tenang dan tercukupi. Sedangkan kufur adalah gerbang menuju hidup yang nelangsa, selalu merasa tak cukup dan gelisah, bahkan dalam keadaan serba ada sekalipun. Manusia menderita bukan karena kurang karunia, tapi manusia menderita karena kurang syukur.

Syukur adalah magnet, penarik karunia yang belum datang. Sedangkan kufur adalah perusak atas karunia yang sudah ada pada diri kita. Na'udzubillahi min dzalik. ( )

Ada tiga syarat supaya kita menjadi ahli syukur, yaitu:
1. Hati benar-benar yakin bahwa hanya Allah Yang Kuasa melimpahkan segala nikmat dan karunia.
Allah berfirman: "Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya), dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada Nya-lah kamu meminta pertolongan." (QS. An Nahl [16]: 53).Allah Ta'ala adalah sumber rezeki. Sedangkan jalannya bisa dari banyak jalan, bisa dari teman, orang tua, kerabat, bahkan dari mana saja yang tak disangka-sangka.

2. Selalu memuji Allah dalam setiap keadaan.
Saat sehat Alhamdulillah. Saat sakit Alhamdulillah. Kenapa? Karena apa yang menjadi ketentuan Allah itu tidak ada yang jelek. Pada penilaian manusia, sehat rasanya lebih baik dari sakit. Padahal jika kita tafakuri lagi, di balik sakit ada pengguguran dosa, di balik sakit ada pahala yang melimpah, di balik sakit ada doa mustajab yang boleh jadi tidak kita dapatkan ketika sehat.Demikian juga saat untung, Alhamdulilah. Saat rugi juga Alhamdulillah. Mengapa? Karena boleh jadi Allah uji kita dengan kerugian supaya kita tidak terbuai dan bergantung pada materi, supaya kita tetap berpegang kepada Allah Ar-Razzaq.

3. Punya kebiasan berterima kasih kepada sesama manusia.
Orang yang pandai bersyukur kepada Allah adalah orang yang pandai berterima kasih kepada sesamanya yang menjadi jalan bagi datangnya karunia Allah Ta'ala. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Tidak disebut bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).Berterima kasihlah kepada orang tua yang sekian lama merawat dan mendidik kita. Berterima kasihlah kepada guru yang telah mengajarkan kita ilmu. Berterima kasihlah kepada siapa saja yang telah menjadi jalan kebaikan bagi kita sekecil apa pun. Tidak lupa, balaslah kebaikan mereka dengan hal yang setimpal atau lebih baik.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengajarkan sebuah doa supaya kita menjadi hamba yang ahli zikir dan syukur. Doa tersebut berbunyi, "Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika, wa husni 'ibadatik. (Ya Allah, bimbinglah aku untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu, serta agar bisa beribadah dengan baik kepada Mu)." (HR An Nasa'i dan Ahmad)

Semoga kita termasuk orang orang yang pandai bersyukur sehingga memperoleh derajat mulia di sisi Allah Ta'ala. Aamiin. ( )

Sumber:
Buku 4 Ilmu Meraih Derajat Mulia di Sisi Allah
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)