Tanda dan Petunjuk Al Qur'an Tentang Siapa Jodoh Kita

loading...
Dari ayat di atas dapat kita pahami bahwa sesungguhnya kita dapat memilih jodoh kita sendiri dengan mengubah diri kita sendiri.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya yang Luar Biasa

Allah Ta'ala telah menetapkan jodoh, rezeki, dan kematian kita dalam kitab Lauh Mahfudz. Namun bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh kita sendiri. Allah memberikan jalan bagi kita untuk memilih jodoh yang kita inginkan. Hanya saja jika kita menginginkan jodoh yang baik untuk Anda maka jadilah pribadi yang baik, begitu pula sebaliknya jika kita menjadi pribadi yang tidak baik, maka jangan mengharapkan jodoh yang baik.

Beberapa ayat Al-qur'an menunjukkan tanda-tanda tentang pentunjuk jodoh dari Allah, yang bisa kita lihat dan rasakan.. Dinukil dari berbagai sumber, inilah tanda-tanda yang dapat menunjukkan dialah 'jodoh' kita. Berikut di antaranya :

Baca juga: Jaga Rasio Kredit Macet, Perbankan Perlu Berhati-Hati

1. Mempunyai sifat yang mirip

Tanda yang bisa kita rasakan adalah memiliki sifat yang mirip. Hal ini pun tertuang di surat An-Nur ayat 28:

فَاِنۡ لَّمۡ تَجِدُوۡا فِيۡهَاۤ اَحَدًا فَلَا تَدۡخُلُوۡهَا حَتّٰى يُؤۡذَنَ لَـكُمۡ‌ۚ وَاِنۡ قِيۡلَ لَـكُمُ ارۡجِعُوۡا فَارۡجِعُوۡا‌ۚ هُوَ اَزۡكٰى لَـكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ عَلِيۡمٌ‏
"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)." (QS. an-Nur: 28).

Baca juga: LSM Sayangkan Tim Kajian UU ITE Diisi Mayoritas Internal Pemerintah

2. Memberikan ketenangan jiwa
halaman ke-2
cover top ayah
اِنَّا خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّطۡفَةٍ اَمۡشَاجٍۖ نَّبۡتَلِيۡهِ فَجَعَلۡنٰهُ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا
Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

(QS. Al-Insan:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video