Rasulullah SAW Benarkan Pernyataan Perempuan Yahudi Tentang Azab Kubur

Selasa, 23 Februari 2021 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Seorang wanita Yahudi masuk ke kamar Aisyah dan menyebut masalah azab kubur. Ia berkata kepada Aisyah, “Semoga Allah melindungimu dari arab kubur?”

Aisyah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai azab kubur. Beliau menjawab, “Ya, azab kubur (ada).”

Aisyah berkata, “Aku tidak melihat Rasulullah SAW setelah salat kecuali beliau memohon perlindungan kepada Allah dari azab kubur.”

Ghandur berkata, ”Azab kubur itu benar ada.”



Dalam Shahih Muslim diriwayatkan bahwa Aisyah berkata, “Dua wanita tua Yahudi Madinah masuk ke kamarku dan berkata, "Sesungguhnya penghuni kubur itu diazab di dalam kubur.' Aku tidak mempercayai ucapan mereka dan belum siap membenarkan mereka. Sesaat kemudian mereka keluar dan Rasulullah SAW masuk. Aku berkata, Wahai Rasulullah, dua wanita tua Yahudi Madinah masuk ke kamarku dan mengatakan bahwa penghuni kubur diazab dalam kubur.'

Beliau bersabda, “Mereka benar. Penghuni kubur diazab dengan azab yang dapat didengar oleh hewan ternak.” (Shahih Muslim bab “Mesjid”, subbab “Dianjurkan Berlindung dari Azab Kubu", I h. 411)

Karena sangat pentingnya masalah ini, Rasulullah SAW mengajarkannya kepada para sahabat. Bahkan beliau pernah berkhutbah mengenai hal ini.

Dalam Shahih al-Bukhari disebutkan bahwa Asma binti Abu Bakar berkata, “Rasulullah SAW suatu ketika beikhutbah dan menyebut tentang fitnah kubur yang dialami manusia. Setelah beliau menyebut hal itu, terjadi kegaduhan di kalangan kaum muslim.” (Shahih al-Bukhani, bab “Jenazah”, subbab "Azab Kubur". Lihat Futh al-Bani, III, h. 232)

Dalam riwayat an-Nasa'i, ada tambahan, “Aku tidak jelas memahami pembicaraan Rasulullah SAW. Ketika orang-orang sudah tenang, aku berkata kepada seorang lelaki di dekatku, “Semoga Allah memberkatimu! Apakah yang diucapkan Rasulullah SAWpada akhir pembicaraannya?" Ia menjawab, “Telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji di dalam kubur dengan ujian yang mirip dengan fitnah Dajal.” (Diriwayatkan oleh an-Nasa'i).
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)