Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa

Jum'at, 05 Maret 2021 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha ilallah huwallahu akbar, ia dinilai sama dengan orang yang melakukan haji dan umrah.”



7. Perbanyak zikir

Memperbanyak zikir menjadi kebiasaan amalan Rasululah sebelum tidur. Bacaan ini akan membuat hati lebih tenang, sesuai dengan firman Allah, “Ala bidzikrillahi tathmainnul qulub (hanya dengan mengingati Allah, hati menjadi tenteram).” (QS Ar-Ra”du ayat 28).

8. Membaca Ayat Kursi

Membaca ayat kursi akan menjaga tidur tetap nyenyak. “Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).



9. Membaca 2 ayat terakhir QS. Al-Baqarah

Amalan sebelum tidur yang satu ini akan diberikn kecukupan bagi kamu yang berserah diri pada Allah SWT. “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari)

10. Istighfar

Beristigfar dan memohon ampun pada Allah SWT merupakan amalan yang bisa membuat hati tenang. Selain itu, sebagai amalan penghapus dosa yang telah dilakukan.

Dari Aisyah radhiyallahu'anha, Rasulullah SAW terbiasa membaca istighfar. “Rasulullah banyak membaca: Subhanallah wa bihamdihi, astagfirullah wa atubu ilaihi, (Mahasuci Allah dengan segala pujinya, aku memohon ampun kepada Allah) sebelum tidur.” (HR Bukhari, Muslim)



11. Salat Witir

Kebiasaan Rasululah sebelum tidur berikutnya adalah melakukan salat witir yang ganjil. Salat witir bisa ditunaikan dengan satu rakaat, tiga rakaat dan seterusnya. “Kekasihku (Muhammad SAW) mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, salat dhuha, dan salat witir sebelum tidur.” (HR Bukhari).

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)